Seberapa Pentingnya POS Dalam Bisnis UMKM

Pada saat bisnis Anda mulai terlihat kemajuannya dan semakin berkembang pesat, pada saat itulah Anda akan mengalami kesulitan ketika harus mengatur proses penjualan yang dilakukan dengan cara manual belum lagi jumlah staff atau karyawan yang Anda miliki sangat terbatas. Sudah waktunya menggunakan sistem point of sales.

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Point of Sale (POS) merupakan tempat pembayaran para pelanggan dalam membeli sebuah produk. Biasanya POS berbentuk mesin, tablet, smarpthone, mesin EDC atau perangkat lainnya yang digunakan untuk transaksi di toko. Berikut kami Rangkum seberapa penting POS dalam Bisnis :

1)      Memudahkan dalam mendata barang-barang dagangan

Bila berjualan secara manual, untuk mengetahui stok yang tersedia saat ini, anda harus melihat di lokasi dan untuk mengetahui produk yang paling banyak laku anda harus mengingat-ingat penjualan beberapa hari yang lalu. Jika kondisi badan anda fit dan barang tidak terlalu banyak, mungkin hal itu bisa anda lakukan. Namun bila barang mulai banyak dan badan anda juga sudah lelah dalam mengurusi distribusi barang hal itu mungkin sulit untuk anda lakukan. Dengan Point of sale untuk melihat stok, anda Tidak perlu lagi lihat di rak cukup buka Laporan Persedian Barang, otomatis anda tahu barang apa yang masih dan barang apa yang sudah habis.

 

2)      Transaksi penjualan dapat dilakukan dengan cepat

Pada zaman sekarang sudah banyak software penjualan yang bisa mengaplikasikan penggunaan scan barcode, jadi akan membuat transaksi penjualan semakin praktis. Kasir hanya tinggal memindai barcode yang sudah ada di kemasan produk dan data transaksi akan dapat keluar dengan instan di software yang ada di komputer kasir. Jadi sebanyak apapun pelanggan membeli produk yang anda jual, tidak akan mempengaruhi kecepatan pelayanan toko anda.

 

3)      Kemudahan dalam menentukan order pembelian

Proses pembelian merupakan proses pencarian sumber atau bahan produksi untuk membantu kegiatan produksi dan persediaan toko tersebut. Dalam proses pembelian biasanya diperlukan form pembelian sebagai bukti otentik dalam dokumen pembelian . Software penjualan  akuntansi biasanya meyediakan fungsi ini untuk mengatur format purchase order dalam memudahkan laporan pembelian.

 

4)      Dapat menampilkan neraca keuangan secara cepat

Setiap tutup toko, untuk mengetahui pendapatan hari ini, bila anda masih manual anda harus menjumlah nota rangkap yang anda buat untuk transaksi dari pagi sampek sore. Hal ini tidak bisa anda lakukan hanya dalam waktu 5 menit, setidaknya anda butuh waktu 15 sampai 30 menit untuk menjumlah nota dan cros cek dengan uang yang anda dapat. Dengan program kasir, Laporan transaksi dalam satu hari langsung akan terbuat secara otomatis dan dapat anda lihat dengan cepat. Anda tinggal cros cek dengan uang yang ada di laci. Karena software penjualan saat ini sudah mampu mengolah laporan posisi keuangan dari transaksi- transaksi yang sudah anda input.

5)      Dapat menampilkan kondisi persediaan secara akurat

Mengetahui kondisi persediaan atau Stock opname penting dilakukan untuk menghitung fisik persediaan suatu produk dalam stock. Selain untuk mengetahui kehabisan laporan dalam suatu pembukuan, stock opname juga dapat membantu toko/perusahaan untuk melakukan fungsi sistem pengendalian intern dengan baik. Beberapa fungsi sistem pengendalian intern adalah untuk membandingkan persediaan stock dari bulan ke bulan, untuk mendapatkan HPP pada laporan keuangan, dan mengetahui kebenaran dalam laporan keuangan/ pembukuan apakah data nya cocok atau apakah ada kecurangan.

 

Berikut seberapa pentingnya point of sale dalam Bisnis Dengan menggunakan Leukeun POSanda dapat merasakan kemudahan yang ditawarkan oleh Leukeun POS, pengguna khususnya pelaku UMKM bisa memaksimalkan bisnisnya lebih baik, efisien dalam segala hal, dan tentunya cepat mengambil keputusan karena pemantauan untuk seluruh cabang yang update dilakukan. Informasi Lebih Lanjut kunjungi website kami di:WWW.Leukeun.com