TIPS MENGEMBANGKAN SEBUAH BISNIS DENGAN MENGELOLA KEUANGAN  USAHA DENGAN BIJAK

Cara mengelola keuangan usaha agar kegiatan bisnis Anda semakin sukses bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Dibutuhkan ilmu dan pengetahuan terkait managemen serta sistem akuntansi keuangan yang tepat.

Odoo image and text block

 

Dan untuk mengembangkan Kesuksesan yang dicapai dalam bisnis yang dijalankan tak lepas dari komitmen serta tekad yang kuat. Dalam rangka mengelola keuangan usaha yang baik dan efektif. Berikut dalam Artikel ini saya rangkum Tips Mengembangkan Sebuah Bisnis dengan mengelola keuangan usaha dengan Bijak:

1)      Pisahkan Uang Usaha dan Pribadi

Dalam Bisnis sekecil apapun pengeluaran yang digunakan untuk kebutuhan pribadi atau prive oleh pemilik usaha harus dicatat atau dibukukan.

Proses pembukuannya bisa dilakukan secara manual ataupun sistem komputerisasi lewat software keuangan usaha. Setiap pengeluaran prive dicatat secara rinci dalam jurnal akuntansi sehingga pengelolaan keuangannya dapat dikendalikan.

 

2)      Meminimalisir Hutang Usaha

Bagi Anda yang memiliki kegiatan usaha terutama masih dalam masa rintisan, sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan modal dari hutang. Terlebih lagi jika Anda belum mengetahui kepastian dari prospek usaha yang dijalankan untuk kedepannya.

Namun, ada saatnya Anda diperbolehkan untuk berhutang demi kemajuan usaha. Pastikan ketika Anda menyuntikkan dana atau modal usaha dari hutang maka terjadi peningkatan laba atau income yang dihasilkan. oleh sebab itu, perhitungkan dengan baik pengelolaan keuangan perusahaan agar tidak memperparah keadaan jika harus memutuskan untuk berhutang.

 

3)      Pisahkan antara Kasir dengan Bagian Accounting

Cara mengelola keuangan usaha yang tepat adalah dengan membuat sistem pengendalian keuangan yang meminimalisir terjadinya fraud atau kecurangan. Salah satu caranya ialah dengan memisahkan antara bagian kasir dengan accounting. Demi menghindari kejadian yang tidak diinginkan, pisahkanlah antara kedua wewenang tersebut. Sistem pengendalian seperti ini sangat penting untuk diterapkan dalam setiap perusahaan.

 

4)      Membuat Laporan Keuangan

Laporan keuangan menjadi hal yang sangat urgen dalam pengelolaan keuangan suatu usaha. Tanpa adanya laporan keuangan maka kemungkinannya sangat kecil usaha yang dijalankan bisa maju.

Sebagai bagian dari laporan keuangan, arus kas perusahaan sangat membantu untuk mengetahui perjalanan kas yang masuk dan keluar.

Dengan demikian, Anda akan mengetahui secara pasti kapan terjadi pengeluaran uang dan pemasukan uang sehingga bisa dilakukan antisipasi sebelum terjadinya minus yang merugikan perusahaan.

 

5)      Membuat Anggaran Perusahaan

Anggaran perusahaan juga menjadi cara untuk melakukan pengelolaan serta pengawasan terhadap keuangan usaha. Sayangnya, pembuatan anggaran belum diterapkan oleh sebagian besar usaha terutama yang masih dalam taraf UKM.

Hal ini menjadi salah satu faktor yang memicu kegagalan dalam berbisnis. Salah satu alasan yang menjadi penghalang dibuatnya anggaran adalah karena keterbatasan sumber daya manusia yang dimiliki.

 

6)      Tentukan Target Financial

Mulailah untuk membuat target-target yang ingin dicapai dalam bentuk skema atau data. Selanjutnya, Anda akan melihat strategi apa yang paling efektif untuk dilakukan dengan biaya yang lebih efisien. Selain itu, kepuasan konsumen serta pencapaian target income dapat diraih dengan mudah.

 

7)      Pergunakan Laba dengan Bijak

Laba menjadi income yang paling dinanti-nantikan karena dinilai sebagai tolak ukur keberhasilan suatu usaha. Namun, sangat disayangkan jika pada akhirnya laba yang diperoleh hanya digunakan sepenuhnya untuk kebutuhan pribadi. Alangkah baiknya jika penghasilan yang diperoleh dapat digunakan dengan lebih bijaksana.

Laba tersebut seharusnya juga dialokasikan untuk kegiatan operasional perusahaan dalam prosentase tertentu. Pengalokasian dari penyisihan laba tersebut bisa dipergunakan untuk menunjang operasional kegiatan usaha.

 

Selain membuat laporan keuangan, Leukeun juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan memudahkan Anda dalam mengelola keuangan Bisnis. Mulai dari manajemen asset sampai membuat invoice yang memungkinkan Anda untuk mengakses Leukeun kapanpun dan dimanapun secara real time. Informasi Lebih lanjut kunjungi website kami di:www.Leukeun.com