10 Keunggulan Menggunakan Software POS Toko untuk Bisnis

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Apabila dulu sistem cash register menjadi andalan untuk melakukan tugas, maka dengan seiring perkembangan teknologi, sistem point of sale mulai dilirik oleh banyak perusahaan. Sistem point of sale sendiri merupakan berbagai perangkat teknologi canggih yang disatukan untuk mempermudah proses transaksi. Hampir persis dengan cash register yang tidak lain adalah sistem mesin kasir konvensional.

Namun apabila ditelisik lebih jauh lagi, sistem point of sale mulai lebih banyak dipilih oleh berbagai perusahaan dibandingkan cash register. Berikut 10 Keunggulan Menggunakan Software POS Toko untuk Bisnis :

 

1)      Meminimalisir kesalahan input persediaan barang

Selain mengurangi potensi kesalahan dalam proses transaksi, aplikasi kasir ini juga memungkinkan Anda untuk memperbaiki kesalahan informasi persediaan barang. Dengan begitu Anda dapat memperbaiki laporan keuangan.

 

2)      Menyimpan data dalam jumlah yang tak terbatas

Software toko dapat digunakan untuk menyimpan seluruh data penjualan atau informasi toko  dalam jumlah yang tak terbatas, seperti menyimpan ribuan item pada data persediaan barang misalnya. Proses pencarian barang juga dapat dilakukan dengan mudah hanya dalam hitungan detik karena sistem bekerja seperti komputer atau smartphone Anda.

 

3)      Pelacakan produk lebih cepat

Pada saat Anda menggunakan software toko pada saat kegiatan transaksi dan seluruh proses bisnis, maka data dari produk yang ada di toko akan diolah dan disimpan dalam software tersebut. Software toko memungkinkan Anda untuk melacak dan menyaring atau memfilter penjualan maupun penurunan harga dari barang yang dijual.

 

4)      Membantu dalam mengambil keputusan

Bagi pemilik bisnis, memiliki software toko sangat memudahkan kegiatan bisnis tidak hanya mempermudah melakukan pengecekan barang, tetapi juga dalam mencatat dan mengolah setiap transaksi menjadi sebuah laporan yang dapat langsung dibaca tanpa perlu menggunakan perhitungan rumit secara manual.

Keuntungan lainnya dari penggunaan aplikasi ini adalah pemilik bisnis akan terbantu dalam mengambil keputusan seperti penjualan barang A meningkat tajam sehingga Anda perlu menentukan untuk mengurangi ongkos produksi barang lainnya. Dengan laporan penjualan yang sistematis dan terstruktur, Anda dapat menentukan barang apa yang harus dikurangi ongkos produksinya.

 

5)      Dapat mengatur fitur software sesuai kebutuhan

Uniknya, Anda dapat mengatur fitur yang terdapat pada software toko Anda sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, Anda ingin mengatur persediaan barang toko, bahan baku, serial number, hingga absen pegawai. Semua dapat diatur sendiri untuk menunjang perkembangan bisnis Anda dengan lebih efisien dan efektif.

 

6)      Memiliki biaya perawatan dan perbaikan yang lebih rendah

Apabila dibandingkan dengan mesin kasir konvensional, software toko pada umumnya memiliki biaya perawatan dan perbaikan yang lebih rendah. Karena terbatasnya perusahaan yang mampu memperbaiki mesin kasir konvensional, maka harga jasa perbaikan tersebut biasanya dikenakan biaya yang lebih mahal. Sedangkan software toko memiliki perangkat yang sederhana dan banyak vendor yang dapat memperbaikinya, sehingga biaya perawatan dan perbaikannya menjadi lebih rendah.

 

7)      Mudah didapatkan

Pada umumnya, memilih mesin kasir konvensional lebih sulit dan merepotkan. Sedangkan software toko lebih mudah didapat. Anda hanya perlu melakukan pencarian di Google perusahaan yang menyediakan software ini dan melakukan pendaftarannya secara online yang nantinya Anda akan dihubungi oleh karyawan perusahaan tersebut untuk mengetahui kebutuhan dari bisnis Anda. Karena kemudahannya, aplikasi kasir ini banyak digunakan oleh pebisnis modern.

 

8)      Selalu terhubung dengan usaha Anda

Sebagai pemilik bisnis, tentu Anda ingin selalu terhubung dengan bisnis Anda agar dapat mengetahui perkembangan yang terjadi. Salah satu keuntungan menggunakan software toko adalah Anda akan mendapatkan pemberitahuan tentang penjualan harian, stok barang yang tersedia, atau informasi lainnya yang berhubungan dengan operasional bisnis Anda sehingga Anda dapat melakukan tindakan langsung seperti ketika persediaan barang yang penjualannya tinggi menipis dan Anda sudah harus langsung menambah stoknya.

 

9)      Membantu analisa pelanggan

Salah satu tujuan sebuah bisnis adalah tidak hanya mendapatkan pelanggan baru dan meningkatkan penjualan, tetapi juga mempertahankan pelanggan tetap agar tidak berpindah ke pesaing. Dengan software toko, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyimpan data pelanggan seperti nama dan informasi kontak. Data ini dapat membantu Anda untuk melakukan personalisasi pengalaman pelanggan yang datang ke toko Anda dan memberikan program khusus bagi mereka. Dengan data tersebut, Anda dapat mengantisipasi pesanan yang akan dibuat sehingga pelanggan merasa istimewa dan diperhatikan.