4 Faktor yang Dapat Mendorong Motivasi Kerja Karyawan

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Motivasi merupakan suatu proses dimana kebutuhan-kebutuhan mendorong seseorang untuk melakukan serangkaian kegiatan yang mengarah ketercapainya tujuan tertentu, jika brrhasil dicapai, akan memuaskan atau memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut.

Motivasi merupakan pemberian atau penimbulan motif, dan hal atau keadaan yang menimbulkan motif, jadi motivasi kerja merupakan sesuatu yang menimbulkan semangat atau dorongan kerja, dimana kuat atau lemahnya motivasi kerja seorang tenaga kerja ikut menentukan besar kecil prestasi. Berikut 4 Faktor yang Dapat Mendorong Motivasi Kerja Karyawan:

 

1)      Tujuan Umum Bekerja

Tujuan dalam bekerja sangat menentukan seberapa lama Anda dapat bertahan di perusahaan tersebut, maupun seberapa besar mereka dapat berkembang dalam perusahaan tersebut. Tujuan ini bisa berupa apakah Anda hanya mengejar dari segi material dan finansial. Kemudian apakah Anda bekerja karena ingin mendapat pengalaman atau hal-hal lain. Oleh karena itu sebagai karyawan, Anda harus dapat menentukan tujuan dalam bekerja, karena hal ini sangat berpengaruh, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang dalam bekerja dan bertahan di suatu perusahaan.

 

2)      Personal Goals

Setiap orang memiliki tujuan hidup bagi personal mereka sendiri. Tujuan personal (personal goals) ini adalah ukuran bagi pribadi untuk melakukan sesuatu dan menjadi idealisme dalam menjalani hidup. Orang dengan personal goals yang kuat akan memiliki ambisi yang lebih dalam melakukan sebuah pekerjaan. Hal tersebut pula yang berlaku bagi karyawan. Karyawan dengan personal goals yang jelas seperti ingin menjadi ahli di suatu bidang, menjadi pejabat atau pemimpin perusahaan biasanya akan menunjukan performa yang lebih signifikan dibanding dengan orang-orang yang kurang memahami apa yang mereka inginkan dalam karirnya.

 

3)      Gaji yang Sesuai

Menjadi motivasi penting bagi karyawan dalam perusahaan adalah gaji yang didapat. Tujuan untuk bekerja yaitu bagaimana seseorang menghasilkan uang agar dapat memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, gaji merupakan motivasi yang penting bagi para karyawan. Tidak hanya itu, gaji juga haruslah sesuai dengan tugas dan fungsinya, jika pekerjaan itu membutuhkan skill dan keahlian di suatu bidang yang tinggi, maka gaji tersebut haruslah memenuhi kriteria yang telah ditentukan.

 

4)      Budaya Perusahaan

Apakah yang dimaksud dengan budaya perusahaan di sini? Yaitu suatu bentuk kebiasaan dan dilakukan terus menerus yang akan membentuk pola interaksi dan kondisi sosial suatu perusahaan. Budaya perusahaan ini biasanya dibuat dan sangat dipengaruhi oleh kepala pimpinan perusahaan tersebut. Leadership yang baik dari pemimpin perusahaan akan memberikan motivasi tersendiri oleh para karyawan. Selain itu, budaya ini diciptakan dengan visi dan misi, serta value yang dibuat dan dipegang oleh perusahaan yang secara otomatis akan memengaruhi pola pikir dan bersikap pada semua SDM yang ada di perusahaan tersebut. Sehingga hal ini akan memengaruhi kondisi dan cara berinteraksi orang-orang yang ada di perusahaan tersebut.

 

Demikian itulah  penjelasan tentang pengertian faktor-faktor yang Dapat Mendorong Motivasi Kerja Karyawan semoga Bermanfaat.