4 strategi yang baik dan efektif unutk mengatur keuangan

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

4 strategi yang baik dan efektif dalam mengatur kruangan Bisnis

Berbisnis dalam bidang apapun pasti diharuskan untuk mengelola keuangan dengan baik dan efektif. Biarpun bisnis yang Anda bangun belum tergolong bianis yang besar,anda tetap harus mengelola keuangan dengan baik. Hal ini bertujuan agar arus kas tidak defisit di mana jumlah pengeluaran melebihi pendapatan.

Dengan mengelola keuangan secara baik dan benar akan membuat usaha semakin besar bahkan anda tak perlu lagi hutang untuk mendapatkan modal. Ada banyak kelebihan ketika menerapkan pengelolaan keuangan perusahaan secara benar. untuk itu kami rangkum 4 strategi yang baik dan efektif dalam mengatur kruangan Bisnis


1. Membuat Laporan Keuangan

Ada banyak perusahaan yang mengira bahwa ketika telah mendapatkan keuntungan yang besar, maka perusahaan tersebut telah dikatakan sehat. Belum tentu! Kita tidak bisa menilai kesehatan perusahaan hanya dari segi keuntungan saja, tetapi melihat dari banyak aspek.

Prinsipnya perusahaan yang sehat apabila keuntungan yang diperoleh bisa lebih besar daripada pengeluaran. Di sinilah Anda harus membuat laporan keuangan dalam pencatatan yang rapi sehingga mudah ditelusuri pos-pos yang sekiranya memboroskan biaya pengeluaran.

Selain dijadikan sebagai basis mengukur kesehatan keuangan perusahaan, laporan keuangan juga dapat Anda jadikan sebagai dasar pertimbangan ketika hendak mengambil keputusan finansial perusahaan.


2. Tentukan Porsi Keuangan

Porsi keuangan yang dimakusd seperti pembagian total pemasukan ke beberapa pos misalnya pembayaran gaji, pembayaran hutang, biaya operasional dan lain sebagainya.

Jadi hal pertama yang harus Anda lakukan dalam menentukan porsi keuangan adalah menentukan berapa porsi yang Anda pakai dalam berbagai kebutuhan perusahaan Anda. Penentuan porsi keuangan ini harus disepakati di awal, agar nantinya dapat berjalan secara terstruktur.


3. Buat Pembukuan yang rapi

Strategi mengatur keuangan perusahaan ini sudah tidak asing lagi bagi perusahaan berskala besar. Mengapa demikian, karena keuangan perusahaan yang besar sudah tentu diolah oleh orang profesional di bidangnya. 

Sangat jarang ada perusahaan berskala kecil menggunakan strategi ini. Padahal membuat pembukuan rapi tidak kalah penting dari strategi mengatur keuangan perusahaan lainnya.

Dengan adanya pembukuan, Anda bisa mencatat semua transaksi berupa pemasukan dan pengeluaran. Hal itu dilakukan agar Anda lebih mudah memantau bagaimana situasi keuangan perusahaan Anda.

4. Mengurangi Risiko

Risiko berarti pengeluaran yang dimana hal itu harus Anda hindari sebaik mungkin. Memang benar, risiko bisa datang kapan saja, oleh sebab itu Anda harus mengelola keuangan perusahaan secara profesional.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan dalam mengurangi risiko yaitu mengurangi meminjam hutang ke lembaga peminjaman uang atau lainnya yang berupa hutang karena ada beban bunga yang harus Anda bayarkan tiap bulannya. Tentu beban bunga ini menjadi pengeluaran serius yang harus Anda tanggung.

Jika Anda membutuhkan modal untuk operasional perusahaan, lebih baik tawarkan mekanisme kerja sama usaha yang saling menguntungkan dan perhatikan juga durasi kerja samanya. 

Tidak sedikit pelaku usaha pemula yang kerap memilih jalan pintas permodalalan dengan jasa pinjaman yang berbunga besar. Akibatnya, dalam perjalanan usaha, laba tidak bisa memutar operasional bisnis.


5. Mengontrol Kelancaran Kas

Mengontrol arus laju kas adalah strategi mengatur keuangan perusahaan yang tidak boleh Anda abaikan. Apalagi jika perusahaan Anda termasuk perusahaan berskala besar, pengontrolan terhadap arus kas harus diprioritaskan.

Tidak sedikit pelaku usaha pemula yang mempersepsikan sama tentang kas dan laba. Laba adalah angka yang muncul di laporan keuangan Anda pada akhir tahun.


Beberapa tips diatas dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan perusahaan secara perlahan tapi pasti.  Selain itu, tetap konsisten dan disiplin untuk tetap menjaga dalam melakukan penerapan manajemen keuangan.

Untuk mempermudah pengelolaan kas dalam suatu manajemen bisnis perusahaan anda dapat menggunakan Leukeun Accounting yaitu software yang dapat berperan dalam memudahkan segala aktivitas keuangan Bisnis anda.

Leukeun tidak hanya menyediakan sistem Akuntansi saja, Leukeun juga menyediakan tenaga kerja yang kompeten dalam pengerjaan sistem Akuntansi yang akan semakin memudahkan dan meningkatkan perusahaan anda. Informasi lebih lanjut kunjuwi website kami di: www.Leukeun.com