5 Keuntungan Perusahaan Mengunakan Sistem Absensi Payroll

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Absensi karyawan merupakan salah satu hal wajib yang harus dilakukan karyawan setiap harinya untuk memberitahukan perusahaan bahwa karyawan tersebut masuk atau bekerja di hari tersebut. Dulu, karyawan melakukan absensi secara manual menggunakan kertas hingga mesin fingerprint.


Namun, di era digital 4.0 ini beberapa perusahaan sudah meninggalkan cara lama tersebut dan mulai memanfaatkan software absensi yang dapat diakses karyawan kapan dan di mana saja melalui mobile phone. Berikut 5 Keuntungan Perusahaan Mengunakan Sistem Absensi Payroll


1) Rekapitulasi Kehadiran Pegawai Lebih Mudah Dengan Sistem

Dengan menggunakan fitur absensi online akan memudahkan pencatatan serta rekapitulasi kehadiran pegawai. Dalam fitur absensi online tersebut, data kehadiran dan ketidakhadiran, serta keterlambatan pegawai dapat langsung tercatat otomatis.

Pencatatan tersebut berlangsung tanpa perlu memindahkan data secara manual dengan menggunakan rumus microsoft excel. Otomatisasi ini tentu sangat membantu bagian HRD karena mengurangi waktu yang diperlukan untuk melakukan penginputan manual.

Dengan demikian, bagian HRD dapat lebih berkonsentrasi pada isu-isu HRD yang lebih strategis yang sifatnya produktif.


2) Bisa Mengurangi Potensi Kecurangan Pegawai

Dalam penggunaan system payroll, pegawai dibatasi aksesnya. Pegawai yang tidak berwenang tidak dapat melakukan pengeditan, sehingga peluang kecurangan dapat diminimalisasi.

Data karyawan yang dihasilkan oleh aplikasi pun dapat secara langsung disimpan dalam cloud storage dan terenkripsi. Sehingga data dapat diolah menjadi laporan realtime  tanpa takut data hilang atau dicurangi.


3) Dengan Aplikasi Perhitungan Jam Kerja Lebih Akurat

Berbeda dengan sistem absensi manual dimana pegawai dapat menuliskan jam kehadirannya sendiri. Dengan menggunakan fitur ini, waktu yang tercatat akan sesuai dengan waktu sebenarnya yang berlaku di seluruh perangkat.

Walaupun gawai yang digunakan pegawai berbeda-beda, namun sistem pencatatnya sama. Hal tersebut akan membuat perhitungan jam kerja menjadi lebih akurat dan fair. Hal ini penting, karena umumnya perusahaan memberlakukan potongan tunjangan atas keterlambatan kehadiran pegawai.



4) Data Aplikasi Absensi Dapat Dijadikan Dasar Perhitungan Penggajian Karyawan

Apabila sistem penggajian pegawai di perusahaan Anda tergantung pada kehadiran pegawai, maka rekapitulasi kehadiran yang dihasilkan oleh fitur absensi ini akan sangat membantu.


Tidak hanya dalam proses penghitungan gaji karyawan, melainkan juga dalam proses perhitungan upah lembur. Karena data kehadiran tersimpan pada aplikasi absensi dan gaji karyawan ini dapat digunakan untuk kedua kepentingan ini.


5) Pemantauan Realtime

Dengan menggunakan Leukeun payroll, pemantauan kehadiran pegawai dapat dilakukan secara cepat dan realtime karena tidak perlu melalui proses rekap manual. Kapan saja data kehadiran dibutuhkan, Bagian HRD dapat melakukan pengunduhan data dengan