6 Hal Penting Tentang IT Master Plan yang Perlu Diketahui dalam Bisnis

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

  IT Master Plan merupakan suatu perencanaan jangka panjang dalam pengembangan sistem informasi guna mendukung visi dan misi perusahaan. IT Master Plan berisi strategi-strategi organisasi atau perusahaan dalam memanfaatkan teknologi informasi sebagai enabler dan menambah keunggulan yang kompetitif. IT Master Plan membahas mulai dari visi dan misi organisasi atau perusahaan sampai pada perencanaan manajemen proyek IT. Berikut 6 Hal Penting Tentang IT Master Plan yang Perlu Diketahui dalam Bisnis:

 

1.       Siap menghadapi perubahan

Dunia teknologi informasi selalu berubah. Anda dapat memanfaatkan perubahan ini hanya jika sudah mempersiapkannya dengan baik. Melalui pembuatan IT Master Plan, Anda dapat mengarahkan organisasi Anda melalui gelombang perubahan untuk tetap sukses.

 

IT Master Plan memungkinkan bisnis Anda mengantisipasi skenario yang tidak menguntungkan sebelum terjadi.

 

Contohnya, tim teknik sedang mengerjakan proyek baru, tetapi ruang penyimpanan hampir habis. Untungnya, migrasi cloud adalah salah satu tujuan inti rencana strategis, dan tim Anda telah menerapkan proyek percontohan penyimpanan cloud serta anggarannya, sehingga sangat berguna dalam mengatasi situasi darurat.

 

2.       Fokus pada pemecahan masalah

Dengan IT Master Plan, setiap karyawan akan memiliki pemahaman mendasar tentang arah perusahaan. Oleh karena itu, Anda akan berada dalam posisi yang lebih baik dalam memberikan solusi kreatif untuk mengatasi masalah yang sebenarnya dengan jauh lebih cepat.

 

3.       Memfasilitasi pendelegasian pengambilan keputusan

Tak dipungkiri, mendelegasikan tugas pengambilan keputusan Anda bisa menjadi hal yang sulit untuk dipecahkan. Terlepas dari upaya terbaik Anda, sebab karyawan Anda jarang berpikir seperti Anda. Di sini IT Master Plan masuk mengatasi kekhawatiran.

 

IT Master Plan memberikan peta jalan pengambilan keputusan yang jelas bagi karyawan Anda. Dengan begitu, mereka dapat membuat keputusan yang sejalan dengan pemikiran dan tujuan Anda secara menyeluruh.

 

4.       Menyesuaikan kebutuhan IT perusahaan

Saat meletakkan strategi mereka, tim IT akan melampaui pertimbangan teknologi. Tim profesional berusaha untuk memahami kebutuhan organisasi Anda dari bawah ke atas dan mulai mengimplementasikan rencana mereka.

 

Misalnya, tim penjualan dan pemasaran Anda berurusan dengan peningkatan jumlah data klien. Pakar IT Anda akan berencana untuk meningkatkan kemampuan analitik data, meningkatkan penyimpanan data di tempat, atau menggunakan penyimpanan cloud.

 

5.       Penilaian dan pemantauan berkelanjutan

Kita semua menyadari tingkat perubahan yang ada di era baru ini dan kemungkinan besar untuk menyimpang dari arah peta perencanaan Anda. Penilaian berkelanjutan harus menjadi bagian dari IT Master Plan Anda untuk membantu mengevaluasi posisi saat ini dan penyesuaian apa yang diperlukan untuk memastikan bisnis berada di koridor yang benar.

 

IT master plan memberi organisasi Anda arah dan membantu menetapkan tujuan yang realistis serta selaras dengan visi misinya. Ini bertindak sebagai pondasi yang pasti di mana bisnis Anda dapat tumbuh, terpantau kesuksesannya, menetapkan batasan untuk pengambilan keputusan yang efektif, dan membayar karyawan dengan baik.

 

6.       Membantu meningkatkan keuntungan dan daya tahan bisnis

IT Master Plan khusus memungkinkan perusahaan Anda mendapatkan insight penting tentang segmen konsumen dan tren pasar. Anda juga bisa memahami layanan dan produk yang dapat Anda berikan untuk meningkatkan laba perusahaan. Pendekatan yang terstruktur dengan baik dan bertarget dapat memanfaatkan semua upaya penjualan dan pemasaran menjadi hasil yang maksimal. Dengan begitu, Anda akan menikmati peningkatan pangsa pasar dan keuntungan.

 

Itu pentingnya IT Master Plan bagi perusahaan Anda. Pembuatan IT Master Plan yang komprehensif memungkinkan Anda mengetahui ke mana Anda ingin membawa perusahaan menangani ancaman dan memanfaatkan peluang yang ada.