6 Manfaat Penerapan Payroll software dalam Perusahaan

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Software Payroll adalah sebuah program yang hadir untuk memaksimalkan kerja HRD dalam mengatur data pembayaran gaji para karyawan. Program ini mampu mengkalkulasi seluruh angka yang diinput, terkait dengan gaji pokok karyawan hingga uang bonus dan lembur.

 

Lalu bagaimana program ini bisa bekerja sedemikian rupa? Tentunya hal ini berkat kecanggihan sistem cloud database payroll dan kemajuan teknologi informasi yang semakin tanpa batas. Berikut ini 6 Manfaat Penerapan Payroll software dalam Perusahaan :

 

1)      Mengumpulkan Seluruh Data Karyawan

Software Payroll akan langsung mengumpulkan seluruh data karyawan dalam satu database. Informasi yang ada didalamnya adalah seputar data diri, riwayat pendidikan, posisi atau jabatan, hingga performa dan hasil evaluasi pekerja.

 

2)      Input Data dan Nominal

Oleh karena program ini akan melakukan penghitungan secara otomatis, maka Anda perlu memasukkan data-data dan nominal terkait karyawan dan jabatannya. Beberapa data lain yang juga harus diinput adalah data seputar pengurangan gaji, seperti misalnya potongan cuti dan denda. Lalu yang kedua adalah data penambahan gaji, baik dari nominal pendapatan hasil lembur atau pemberian bonus akhir bulan.

 

3)      Analisis Data

Software ini juga akan diterapkan untuk menganalisis data karyawan. Beberapa data penting dari karyawan akan masuk ke dalam cloud server untuk kemudian dijadikan bahan evaluasi. Analisis data juga berfungsi untuk membantu HRD dalam mengambil keputusan terbaik. Bahkan data ini juga bisa menjadi tolok ukur Anda terkait seberapa besar kemajuan perusahaan.

 

4)      Transfer Uang

Software Payroll juga akan mengurus bagian pembayaran gaji melalui metode transfer bank secara otomatis. Software ini umumnya juga sudah mengcover hampir seluruh bank di Indonesia.

 

5)      Cetak Slip Gaji

Sistem Payroll akan secara otomatis menyetak slip gaji, baik melalui HRD ataupun melalui Anda langsung.

 

6)      Pembuatan Laporan

Penerapan yang terakhir dari software ini adalah membuat laporan sesuai dengan perintah Anda. Software akan menampilkan berbagai jumlah keuangan dan statistik atas seluruh pemasukan dan pengeluaran perusahaan. Selanjutnya, Anda pribadi yang akan menentukan kapan laporan utuh ingin diterbitkan.