6 Tips Mengatasi Masalah Pengelolaan Keuangan Bisnis Dengan Leukeun

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Saat ini banyak sekali vendor yang menawarkan produk software akuntansi dengan iming-iming menyelesaikan seluruh permasalahan keuangan bisnis. Salah satu yang bisa menjadi pilihan karena berbagai keunggulannya dalam memecahkan masalah keuangan Leukeun. Leukeun accounting merupakan Software akuntansi ini memiliki fitur-fitur lengkap yang tentu saja dapat disesuaikan dengan jenis bisnis Anda. Berikut kami rangkum tips mengatasi masalah pengelolaan keuangan Bisnis diantaranya:


1) Sulit Melacak Keuntungan dan Kerugian

#Masalah

Masalah yang kerap ditemukan adalah tidak terukurnya performa bisnis. Pebisnis tidak mengetahui apakah untung atau rugi, apakah arus kas surplus atau defisit. Bisa jadi uang yang didapat dari bisnis lebih banyak digunakan untuk keperluan pribadi sehingga tidak cukup jika digunakan belanja modal lagi atau tidak mampu membayar operasional usaha. Maka usaha Anda akan tutup.


#Solusi

Anda dapat melihat performa dan kondisi bisnis dalam satu dasbor dengan menggunakan Leukeun. Sehingga mempermudah Anda dalam melihat kondisi bisnis kapan dan di mana saja. Selain dasbor, Anda juga dapat membuat laporan keuangan lengkap mulai dari neraca, arus kas, perubahan modal, laba-rugi, pembelian-penjualan, hingga laporan stok barang secara komplit. Jadi tidak ada lagi kesulitan untuk menilai performa bisnis Anda. 


 


2) Berutang dalam Jumlah Banyak

#Masalah

Bagi banyak pebisnis, jika bisnisnya kekurangan modal atau defisit keuntungan maka solusinya adalah berutang. Dan biasanya ketika bisnis meminjam uang, jumlahnya tidak main-main. Jika berutang kepada perorangan, mungkin masalah bunga bukan hal yang harus dipikirkan. Namun jika yang dipinjami merupakan sebuah entitas resmi seperti bank dan cicilan pembayaran tidak lancar, maka tumpukan bunga akan semakin meningkat dan semakin sulit dibayar. Ini juga berlaku bagi pebisnis yang meminjam uang namun tidak lihai dalam memutarkannya sehingga akan tetap mengganggu bisnis.


#Solusi

Kini lupa membayar utang dan menagih piutang tidak akan terjadi lagi jika menggunakan fitur daftar kontak dan pengingat faktur dari Leukeun. Dengan kedua fitur ini Anda dapat mengatur batas maksimal piutang pelanggan dan utang kepada supplier sehingga mengurangi risiko piutang tidak tertagih ataupun utang yang tidak terbayarkan.


 


3) Tidak Memiliki Pembukuan dan Laporan yang Baik

#Masalah

Berbisnis tidak sekadar menghitung pengeluaran dan penghasilan. Tidak cukup menganggap bahwa setiap uang masuk adalah pendapatan, uang keluar adalah biaya dan selisihnya dianggap untung. Keuangan mempunyai sistem yang lebih kompleks. Pebisnis perlu menghitung laba-rugi, membuat neraca keuangan, perubahan modal, arus kas yang rapi, data inventori dan lain sebagainya. Hal ini kerap kali dianggap merepotkan karena banyaknya proses yang harus dilakukan. Namun, dengan membuat  pembukuan serta laporan keuangan yang baik maka setiap transaksi dalam bisnis dapat diketahui dengan jelas.


#Solusi

Kerepotan ini dapat diatasi dengan mudah oleh fitur laporan keuangan dari Leukeun. Anda hanya perlu mencatat setiap transaksi ke dalam Leukeun, dan sistem akan menyiapkan seluruh laporan keuangan secara realtime dengan data yang lebih akurat. Anda juga bisa mengatur transaksi berulang, sehingga seluruh transaksi yang terjadi berulang setiap bulannya akan terjadwal otomatis, sehingga lebih menghemat waktu dan mengurangi risiko kesalahan dalam pencatatan


4) Sulit Mengakses Laporan Keuangan

#Masalah

Hal ini biasa dialami oleh pebisnis yang masih menggunakan aplikasi akuntansi secara offline. Semua data yang dimasukkan akan disimpan di dalam komputer yang berada di dalam kantor. Sehingga akan sulit untuk mengakses data keuangan kapanpun dan dimanapun dibutuhkan. Padahal seorang pebisnis harus mengetahui dan memonitor setiap pergerakan dan perputaran arus keuangan bisnisnya.


#Solusi

Anda tidak perlu menunggu akhir periode pencatatan untuk mendapatkan laporan mengenai kinerja bisnis. Dengan software berbasis Cloud Leukeun Accounting yang menggabungkan komputer dan internet, Anda dapat melakukan kegiatan bisnis kapan saja dan di mana saja dengan data realtime.


 


5) Sulit Melakukan Evaluasi

#Masalah

Dengan tidak adanya pengelolaan keuangan yang jelas, pebisnis akan meraba-raba apa yang terjadi pada bisnisnya. Jika tidak tahu apa yang terjadi dan bagaimana perkembangan di dalam bisnis, tentu saja akan sulit untuk melakukan evaluasi. Padahal hal ini perlu dilakukan. Karena jika evaluasi tidak dilakukan maka masalah yang terjadi di dalam sebuah bisnis akan semakin besar dan semakin sulit untuk diatasi. Ada baiknya melakukan evaluasi rutin khususnya masalah keuangan, baik evaluasi harian, mingguan, maupun bulanan.


#Solusi

Leukeun Accounting menyajikan laporan secara lengkap, akurat serta cepat. Anda dapat melihat dan memonitor seluruh transaksi untuk mengevaluasi juga mengambil keputusan bisnis secara tepat. Selain itu Anda juga dapat mengetahui di mana letaknya kesalahan, sehingga Anda dapat mengevaluasi dan membuat rencana bisnis lebih tepat.


 


6) Minimnya Pengetahuan Mengenai Akuntansi

#Masalah

Siapapun berkesempatan membangun dan mengembangkan bisnis, meskipun latar belakangnya bukan dari akuntansi. Ini yang menyebabkan pebisnis kerap tidak memahami akuntansi dengan baik. Oleh karenanya, seorang pebisnis dituntut untuk mengetahui setidaknya dasar-dasar dari akuntansi  agar mengerti kondisi keuangan bisnisnya.


#Solusi

Dengan menggunakan Leuekeun Accouting Anda dapat mengubah tampilan pada laporan keuangan sehingga memudahkan Anda dan pihak terkait dalam membaca dan memahami. Dengan fokus untuk mempermudah pengelolaan keuangan UKM di Indonesia, maka Jurnal menggunakan istilah-istilah yang sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia.


Nah Berikut 6 Tips Mengatasi Masalah pengelolaan keuangan Bisnis Bersama Leukuen  Dengan Leukeun kini Anda tidak perlu pusing memikirkan berbagai masalah keuangan yang tidak terselesaikan. Leukeun merupakan software akuntansi  dengan fitur terlengkap dan cocok digunakan bisnis apapun. Informasi lebih lanjut kunjungi website kami di: www.Leukeun.com