6 Tugas HR yang Menjadi Mudah Berkat Adanya Leukeun Payroll

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Zaman yang semakin modern turut mengubah cara kerja Divisi HR dalam mengelola administrasi karyawan dan perusahaan. Banyak pekerjaan yang berhubungan dengan sumber daya manusia yang sekarang bisa dikerjakan dengan bantuan HR Software. Hal ini tentu berdampak positif, yaitu menghemat waktu Anda sebagai staf HR, sehingga Anda dapat lebih fokus untuk menciptakan inovasi dalam meningkatkan kinerja karyawan. Berikut 6 Tugas HR yang Menjadi Mudah Berkat Adanya Leukeun Payroll :

 

 

1)      Menyiapkan dan Input Data Absensi Karyawan

Staf payroll bertugas menyiapkan data absensi karyawan secara teliti dan melakukan input ketika mempersiapkan gaji para karyawan menjelang akhir bulan. Data-data mengenai gaji pokok, porsi lembur pegawai, jam kerja, dan informasi karyawan lainnya kemudian akan diproses secara otomatis oleh software payroll.

 

2)      Menyiapkan Berkas yang Berhubungan dengan Gaji Karyawan

Untuk menjaga ketertiban keuangan perusahaan, staff payroll juga perlu menyiapkan berkas yang berhubungan dengan gaji para karyawan. Berkas yang berhubungan dengan gaji karyawan bukan hanya gaji pokok saja. Ada pula berkas-berkas yang lain yang bisa digunakan untuk penambahan gaji karyawan, misalnya nota biaya akomodasi yang diberikan kepada karyawan apabila ada tugas luar.

 

3)      Menyiapkan Slip Gaji Karyawan

Di dalam slip gaji karyawan terdapat rincian mengenai gaji pokok, uang lembur, dan berbagai keterangan lainnya. Karyawan dapat memanfaatkan slip gaji tersebut untuk berbagai keperluan, misalnya mengambil cicilan kendaraan, kredit rumah, dan lain sebagainya.

 

Software payroll bisa membantu tugas payroll staff dalam membuat slip gaji karyawan secara otomatis. Beberapa software payroll juga memungkinkan para karyawan untuk mengakses slip gaji secara lebih praktis melalui smartphone.

 

4)      Membuat Laporan Gaji Bulanan Karyawan

Payroll staff juga memiliki tugas untuk membuat laporan gaji bulanan karyawan. Dengan adanya software payroll, staff payroll tidak perlu lagi melakukan membuat laporan gaji bulanan secara manual. Sebab, program dalam software dapat memberi laporan akhir sesuai dengan input awal staf payroll dan mengolahnya secara otomatis.

 

5)      Melakukan Penyesuaian Input Karyawan Baru dan yang Keluar

Tugas dari payroll staff yang semakin dimudahkan dengan hadirnya software payroll Indonesia adalah penyesuaian input karyawan baru dan yang keluar. Dalam payroll online telah terdapat subyek yang dimasukkan secara manual, seperti misalnya data-data yang terkait dengan data pribadi, serta berbagai keterangan pokok lainnya. Ketika ada karyawan yang keluar, maka payroll staff akan menyesuaikan data dengan cara menghapus subyek karyawan tersebut di dalam aplikasi payroll. Sementara itu, jika ada karyawan yang baru masuk, maka payroll staff akan melakukan input baru. Selain itu, staff payroll juga bertugas menyesuaikan kenaikan maupun pemotongan gaji dalam update sistem payroll yang telah terdaftar bagi perusahaan tersebut.

 

6)      Membuat Formulir Pajak

Payroll staff juga bertugas membuat formulir pajak sesuai dengan kebutuhan karyawan dan perusahaan. Dengan hadirnya software payroll, tugas tersebut menjadi lebih mudah terselesaikan. Selain waktu penyelesaian tugas semakin efisien, payroll software juga dapat membantu meminimalisir penggunaan kertas karena semua telah dilakukan secara otomatis.

 

Itu tadi beberapa tugas payroll staff yang semakin mudah untuk dikerjakan berkat adanya software payroll. Untuk itu, Leukeun Service hadir untuk memberi solusi terkait dengan penerapan dan pengembangan untuk Bisnis anda. Bagi Anda yang ingin menggunakan software payroll untuk memaksimalkan tugas staf payroll, Anda dapat berkonsultasi dengan kami melalui www.Leukeun.com