7 Cara Menarik Minat Beli Konsumen

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Berbisnis tentu saja memerlukan trik tersendiri agar bisa menarik pelanggan. Apalagi, peminat bisnis saat ini semakin merabah, sehingga perlu strategi yang kuat untuk tetap bisa bertahan dan bersaing secara sehat.

 

Dengan adanya toko atau produk baru, konsumen biasanya lebih penasaran untuk mencoba membeli atau sekedar berkunjung. Atau, jika ada sebuah toko atau produk yang direkomendasikan oleh kerabat serta teman, konsumen acap kali lebih tertarik juga untuk berkunjung ke toko tersebut atau membeli produk yang di rekomendasikan.

 

Oleh karena itu, ciptakanlah hal menarik yang bisa membuat konsumen berkunjung ke toko Anda, khususnya membeli produk Anda seperti dengan melakukan beberapa cara berikut ini:

1)      Berikan Informasi secara Detail dan Lengkap

Calon konsumen tentunya akan tertarik membeli sebuah produk atau memutuskan menggunakan jasa yang ditawarkan jika terdapat informasi yang cukup jelas di dalamnya.

 

Maka pastikan Anda memberikan informasi selengkap-lengkapnya mengenai produk atau jasa Anda kepada calon konsumen. Sehingga nantinya calon konsumen dapat mengetahui dengan jelas manfaatnya. Dan mereka bisa cepat memutuskan untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda.

 

2)      Sediakan Contoh untuk Konsumen Mencobanya Langsung

Salah satu cara yang efektif untuk bisa mendapatkan konsumen baru adalah dengan cara menyediakan produk untuk mereka bisa mencobanya langsung. Hal seperti ini sebenarnya sudah banyak ditemui di berbagai pusat-pusat perbelanjaan maupun tempat-tempat tertentu.

 

Cara seperti ini dilakukan agar dapat menarik perhatian konsumen pada barang/jasa yang Anda tawarkan. Dengan mencobanya, nantinya dapat membantu mengubah keputusannya untuk menggunakan produk/jasa yang Anda tawarkan.

 

3)      Minta Konsumen yang Sudah Beli untuk Memberikan Ulasan

Saat ini, ulasan (review) dari pelanggan-pelanggan sebelumnya akan sangat mempengaruhi calon konsumen yang akan membeli produk/jasa yang Anda tawarkan. Bahkan seiring dengan kecanggihan teknologi, kini ulasan dapat diberikan secara online yang memudahkan mereka untuk memberikan review.

 

Semakin bagus dan banyak review yang diberikan, tentu saja menjadi pengaruh positif untuk calon konsumen. Hal ini karena review-review tersebut nantinya menjadi acuan yang digunakan calon konsumen untuk membuat sebuah purcashing decision.

 

 

4)      Lakukan Survei dalam Kurun Waktu Tertentu

Survei menjadi salah satu metode yang paling efektif untuk mengetahui pendapat orang lain mengenai produk atau layanan yang Anda tawarkan. Melalui sebuah survei, nantinya Anda bisa mengetahui kondisi sesungguhnya yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen.

 

Semakin mampu Anda mengembangkan keinginan dan kebutuhan konsumen, maka tentu saja hal ini akan semakin mempercepat konsumen dalam membuat purchasing decision.

 

5)      Atasi Ulasan atau Masukan yang Negatif

Tidak semua pelanggan akan memberikan Anda review yang positif, beberapa diantaranya tentu ada yang memberikan masukan negatif dan hal tersebut sebenarnya wajar-wajar saja terjadi.

 

Nah, yang paling penting adalah bagaimana Anda bisa belajar untuk menghadapi semua hal tersebut dan tentu saja dengan cara yang benar sehingga dapat mengubahnya dalam bentuk yang positif.

 

Tanggapi dengan cepat dan profesional. Bahkan bila bisa, berikan solusi untuk setiap ulasan-ulasan negatif yang disampaikan konsumen.

 

Dengan tanggapan yang cepat dan baik tentunya akan menunjukkan jika Anda memang memiliki sikap profesional. Dan ini nantinya membuat konsumen percaya kepada Anda.

 

6)      Manfaatkan Media Sosial dengan Maksimal

Saat ini, media sosial banyak digunakan sebagai salah satu alat yang dapat menarik perhatian konsumen di pasaran. Melalui media sosial, Anda dapat melibatkan pelanggan maupun calon konsumen untuk berkomunikasi dengan Anda.

 

Komunikasi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Membangun sebuah komunikasi yang baik dengan pelanggan maupun calon konsumen nantinya secara tidak langsung membangun kedekatan antara konsumen dengan brand Anda yang nantinya akan memengaruhi calon konsumen untuk memilih produk/jasa yang Anda tawarkan.

 

7)      Kenali Calon Konsumen Anda

Ada banyak tipe konsumen yang ada. Sehingga penting bagi seorang penjual untuk bisa mengenali tipe-tipe konsumen. Sebab nantinya Anda bisa mengetahui cara yang tepat untuk menarik perhatian calon konsumen dan tertarik membeli barang/jasa yang Anda tawarkan.