7 faktor yang mempengaruhi kesuksesan wirausaha

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Belakangan ini banyak orang yang tertarik dengan dunia wirausaha, terlebih setelah melihat langsung para pebisnis yang sukses menjalankan wirausaha hingga meraih omset sekian. Bahkan para pekerja kantoran banyak yang memutuskan untuk resign dari pekerjaannya dan banting stir di dunia wirausaha.

Tentu sangat menggiurkan ketika kita melihat contoh yang sudah sukses, tapi jangan lupa untuk melihat setiap cerita di balik kesuksesan mereka. Ada banyak hal yang perlu dipelajari karena pada faktanya beberapa dari mereka juga harus mengalami kepahitan terlebih dahulu sebelum usahanya bisa sesukses sekarang. Berikut 7 faktor yang mempengaruhi kesuksesan wirausaha:

1) Faktor Modal

Sudah menjadi sebuah rahasia umum apabila modal atau jumlah anggaran yang dimiliki oleh seorang pebisnis, dapat menjadi faktor pendukung keberhasilan usaha yang tengah dijalankan. Modal yang terlalu kecil dapat membuat usaha menjadi macet dan sulit berkembang, meskipun risiko yang harus ditanggung juga lebih minim.


Sedangkan modal besar tentu bisa membuat bernafas lega, karena disini Anda memiliki peluang besar untuk langsung mengembangkan sayap bisnis. Salah satunya dengan mendukung promosi besar-besaran melalui iklan online dan offline, endorsement, menjadi sponsor, dan sebagainya. Karena Anda memiliki modal yang bisa digunakan.


2) Faktor Produk

Sebagai wirausaha, sudah tentu peran Anda disini adalah sebagai seorang produsen yang membuat produk. Pemilihan produk yang akan diluncurkan ke pasaran juga bisa menjadi faktor penentu kesuksesan atau kegagalan bisnis Anda. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk memilih jenis produk yang memang dijamin terus laku dan diminati.


Di samping itu, pertimbangkan juga pemilihan bahan baku yang akan digunakan. Baik dari segi harga, kualitas, dan ketersediaan. Jangan sampai produksi jadi mampet di tengah jalan, karena kesulitan mencari bahan baku. Dan ingat juga, bahwa bisnis Anda dikenal dengan ciri khas bahan yang digunakan, jadi jangan mengecewakan konsumen.


3) Faktor Pasar

Hal tersulit dalam berwirausaha adalah menyesuaikan produk yang dibuat dengan selera pasar. Mulai dari apakah produk Anda mendapatkan tempat dan peluang menjanjikan saat diturunkan di pasaran, hingga apakah produk tersebut akan dapat diterima konsumen. Terlebih untuk produk jenis baru yang belum familiar dengan masyarakat Indonesia.


Sebelum gegabah melakukan produksi besar-besaran, sebaiknya lakukan uji coba produk di pasar. Jika hasilnya positif, maka lanjutkan. Tapi jika berbanding terbalik dengan ekspektasi, maka pikirkanlah lagi. Penekanan jumlah produksi akan meminimalisir kerugian akibat penumpukan produk yang tidak laku di gudang.


4) Faktor Perencanaan

Bussines planning memang salah satu komponen terpenting untuk menentukan kesuksesan berwirausaha. Tanpa perencaan yang tepat, akurat, dan jelas maka usaha yang dibangun tidak akan bisa maju. Karena dalam proses perencanaan inilah Anda akan membuat tujuan usaha beserta visi dan misi-nya.


5) Faktor Manajemen

Dalam membangun sebuah bisnis, Anda juga harus memiliki manajemen yang jelas sehingga sumber daya manusia dapat terorganisir. Ini sangat penting, supaya setiap orang mengetahui apa peran fungsinya dalam usaha yang sedang Anda rintis. Sehingga tercipta keselarasan dalam pekerjaan dan SDM menjadi lebih optimal.


6) Faktor Persaingan

Belakangan ini, tingkat pembangunan industri di Indonesia memang menanjak cukup drastis, dan sialnya adalah bahwa hal tersebut juga diikuti dengan ekspansi pasar bebas atau kebanjiran produk import dengan harga lebih murah. Sehingga persaingan bisnis juga menjadi semakin ketat. Oleh sebab itu, maka dianjurkan membuat produk yang inovatif dan kreatif.


7) Faktor SDM

Pemilihan pekerja atau sumber daya manusia memang memberikan dampak sangat besar bagi kemajuan sebuah bisnis. Oleh karenanya, maka sangat dianjurkan untuk berhati-hati melakukan perekrutan. Pastikan hanya para profesional yang menempati bidang yang membutuhkan keahlian tertentu, dan jangan asal memilih karena bisa berdampak negatif.


Nah Itulah beberapa faktor yang berpengaruh terhadap kesuskesan wirausaha. Semoga bisa Anda terapkan untuk usaha yang Anda jalankan sekarang, Jika anda membutuhkan software POS dalam bisnis, anda bisa langsung menghubungi Leukeun. Informasi lebih lanjut kunjungi website kami di:www.Leuekeun.com