7 Prinsip Manajemen Keuangan Yang Perlu Diperhatikan

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Di dalam perusahaan, pengaturan keuangan sering disebut dengan manajemen keuangan. Kegiatan ini biasanya meliputi perencanaan, pengoperasian, analisis kegiatan keuangan, serta kontrol, dan pengendalian keuangan. Secara garis besar, manajemen keuangan adalah segala kegiatan yang berhubungan dengan bagaimana cara memperoleh pendanaan modal kerja, cara menggunakan atau mengalokasikan dana, serta mengelola aset yang dimiliki untuk mencapai tujuan utama.

 

Dalam prakteknya, manajemen keuangan adalah tindakan yang diambil dalam rangka menjaga kestabilan keuangan perusahaan. Melaksanakan manajemen keuangan tentu bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan prinsip-prinsip yang dapat mendasari manajemen keuangan. Berikut adalah 7 prinsip manajemen keuangan yang perlu diperhatikan.

1.       Akuntabilitas

Akuntabilitas merupakan kewajiban hukum dan moral yang melekat pada setiap individu, kelompok, atau perusahaan untuk memberikan penjelasan bagaimana dana dipergunakan. Perusahaan harus bisa menyampaikan bagaimana dan untuk apa dana yang sudah diberikan, digunakan oleh mereka. Hal ini juga sebagai bentuk pertanggungjawaban perusahaan kepada pemberi dana. Setiap pihak yang berkepentingan berhak mengetahui bagaimana dana digunakan.

 

2.       Konsistensi

Prinsip manajemen keuangan konsistensi menekankan pada bagaimana perusahaan menjalankan strategi kebijakan dan sistem keuangan sesuai dengan yang sudah direncanakan, serta tidak sering mengalami perubahan besar dalam rentang waktu yang pendek di satu periode. Konsistensi dari sebuah perusahaan untuk menjaga dan menjalankan rencana yang sudah dibuat bisa meningkatkan kepercayaan dari pihak yang diajak bekerja sama. Pendekatan keuangan yang tidak konsisten dari sebuah perusahaan menunjukkan bahwa ada manipulasi data keuangan yang dilakukan.

 

3.       Kelangsungan hidup

Dalam manajemen keuangan, unsur kelangsungan hidup perusahaan haruslah dipertimbangkan dengan baik. Perusahaan harus mampu menyusun rencana keuangan yang menunjukkan bahwa ia bisa menjalankan rencana strategis untuk memenuhi kebutuhan keuangan. Prinsip manajemen keuangan kelangsungan hidup menekankan pada bagaimana kesehatan keuangan dari suatu perusahaan bisa terjaga, pengeluaran operasional bisa sesuai dengan dana yang ada, strategi perencanaan mengikuti besar dana yang dimiliki.

 

4.       Transparansi

Transparansi adalah modal utama perusahaan untuk mendapatkan kepercayaan pihak lain yang akan diajak bekerja sama. Jangan pernah melakukan kebohongan atau menutupi kondisi perusahaan yang sebenarnya karena hal ini malah semakin merugikan diri sendiri dan perusahaan. Perusahaan setidaknya harus terbuka mengenai aktivitas pekerjaan yang dilakukan, menyediakan informasi terkait rencana dan kegiatannya kepada orang lain yang berkepentingan.

 

Termasuk di dalamnya membuat laporan keuangan yang akurat, lengkap, tepat waktu, serta tidak dimanipulasi. Laporan keuangan juga harus bisa diakses oleh pihak-pihak yang berkepentingan untuk tahu tentang kondisi keuangan perusahaan. Prinsip manajemen keuangan ini pada intinya juga membutuhkan kejujuran dari orang yang terlibat dalam operasional perusahaan.

 

5.       Standar akuntansi

Standar akuntansi yang tepat dan sesuai dengan aturan yang sudah diberlakukan akan memengaruhi kelangsungan hidup perusahaan. Jika manajemen keuangan ini tidak ada dalam bagian perusahaan, bisa dipastikan kondisi keuangan di dalamnya akan carut marut. Sistem akuntansi dan keuangan yang digunakan perusahaan harus mengikuti standar. Untuk itulah penting merekrut akuntan yang paham dan bisa menjalankan dengan baik prinsip dan sistem akuntansi yang digunakan di Indonesia.

 

6.       Integritas

Integritas perlu dimiliki oleh setiap individu yang berada di perusahaan yang mana ia ikut aktif melaksanakan aktivitas operasional perusahaan. Integritas ini juga harus ada pada laporan dan catatan keuangan agar keakuratan serta kelengkapannya terjamin.

 

7.       Pengelolaan

Manajemen keuangan yang tak kalah penting untuk dijalankan dalam suatu perusahaan adalah masalah pengelolaan dana yang telah diperoleh untuk digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan. Jangan sampai dana yang telah dimiliki tidak dikelola dengan baik sehingga mendatangkan kerugian hingga mengancam operasional perusahaan.

 

Menjalankan bisnis tentu gampang-gampang susah, namun dengan menerapkan tujuh prinsip manajemen keuangan di atas, Anda bisa melakukan pengelolaan yang lebih matang dan terencana. Semoga bermanfaat!