Apa Saja Fungsi Manajemen Keuangan Dalam Perusahaan

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Fungsi manajemen keuangan adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh sebuah organisasi atau perusahaan. Pasalnya, adanya sebuah pengaturan akan membuat segalanya jadi teratur dan berjalan sesuai yang diharapkan.

 

Lalu, apa itu sebenarnya manajemen keuangan? Apa fungsi manajemen keuangan? Untuk memahaminya lebih dalam, yuk simak penjelasan berikut.

 

1.       Perencanaan

Sebuah perusahaan akan dibangun oleh sejumlah rencana yang digagas dan dijalankan oleh para pemimpinnya. Nah, dalam pembuatan perencanaan tersebut ada peran manajemen keuangan di dalamnya.

 

Fungsi manajemen keuangan adalah membuat estimasi yang berkenaan dengan kebutuhan modal perusahaan. Selanjutnya, biaya dan keuntungan yang telah ditentukan dan dijalankan masing-masing divisi akan dipantau oleh manajemen keuangan. Maka dari itu, sejak awal peran dan fungsi manajemen keuangan sangatlah diperlukan.

 

2.       Anggaran

Segala hal yang berurusan dengan keuangan tentu menjadi tanggung jawab dari manajemen keuangan. Oleh karena itu, fungsi manajemen keuangan dalam urusan anggaran sangatlah penting. Perencanaan penerimaan serta pengalokasian anggaran biaya juga harus dipastikan secara efisien. Dengan begitu, dana yang dimiliki oleh perusahaan dapat dimaksimalkan dengan baik.

 

3.       Kontrol

Pengendalian keuangan menjadi tanggung jawab manajemen keuangan ketika berbagai aktivitas di dalam manajemen keuangan mulai berjalan. Kontrol yang dilakukan ini menjadi bagian dari fungsi manajemen keuangan, supaya segala hal dapat berjalan sesuai rencana.

 

Kalaupun terjadi perbedaan atau perubahan dalam perjalanan tersebut, semua tetap dapat dikendalikan dengan baik. Sehingga di masa mendatang tidak terjadi persoalan yang bisa berakibat fatal pada perusahaan.

 

4.       Auditing

Fungsi manajemen keuangan lainnya adalah melakukan audit internal. Dengan dilaksanakannya audit, manajemen keuangan telah menjalankan fungsinya sebagai penyelenggara perusahaan. Auditing juga dilakukan untuk memastikan operasional atau penyelenggaraan yang dilakukan tidak terjadi penyimpangan.

 

Audit yang dilakukan juga harus menggunakan standar akuntansi yang telah ditetapkan. Tahapan auditing yang dilakukan antara lain menganalisis, menilai, meninjau ulang, dan menimbang hasil kerja setiap divisi terkait dan perusahaan. Kemudian, manajemen keuangan akan membandingkannya dengan berbagai standar yang telah ditentukan oleh perusahaan  

 

5.       Report

Fungsi manajemen keuangan yang terakhir adalah laporan. Setelah melakukan perencanaan, pengawasan, dan audit, selanjutnya fungsi manajemen keuangan adalah menyediakan laporan mengenai kondisi keuangan perusahaan. Selain itu, manajemen keuangan juga akan menyediakan analisis terkait rasio laporan keuangan.

 

Laporan ini sangat penting dan menjadi acuan para pelaku dalam mengambil keputusan bisnis di masa depan. Biasanya, laporan ini akan disusun setiap kuartal, semester, dan tahunan.