Apa saja keuntungan Menggunakan Aplikasi Absensi Online Berbasis Cloud?

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Seiring berjalannya waktu, kini penggunaan teknologi mulai digunakan banyak perusahaan untuk mengoptimalkan manajemen sumber daya manusia yang lebih baik. Cara manual dalam merekap data kehadiran karyawan dengan menggunakan kertas pun sudah mulai ditinggalkan karena berisiko data hilang dan salah memasukkan data ke komputer.

Teknologi yang sedang tren saat ini adalah penggunaan teknologi penyimpanan digital (cloud storage) atau absensi online berbasis cloud. Hadirnya teknologi ini memudahkan HRD perusahaan menghemat banyak waktu sehingga dapat mengerjakan tugas lain yang bersifat lebih produktif.

Apa saja keuntungan menggunakan absensi online berbasis cloud?

1.       Memiliki Sistem Keamanan yang Tinggi

Bagi sebuah perusahaan, terutama perusahaan besar, keamanan data perusahaan dan karyawan tentunya merupakan hal sangat penting yang harus dilindungi. Untuk itu sistem cloud menggunakan jaringan internasional dengan data yang terpusat dan dapat di-back up, sehingga data dapat dipulihkan kembali jika rusak maupun hilang. Beberapa server yang digunakan untuk sistem cloud ini adalah Amazon Web Service (AWS) dan Windows Azure.

 

2.       Menghemat Biaya

Dengan menggunakan aplikasi berbasis cloud, Anda dapat menghemat biaya operasional karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli hardware atau software. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya ektra untuk tenaga ahli IT untuk mengelola, beserta biaya pemasangan dan maintenance.

 

3.       Sangat Efisien

Penggunaan aplikasi absensi online berbasis cloud, memberikan kemudahan bagi HRD untuk melihat kinerja karyawan berdasarkan kehadirannya secara detail. Selain itu, HRD juga dapat dengan mudah melihat tunjangan dan gaji karyawan, hingga dapat memantau aset perusahaan yang diberikan pada karyawan seperti kendaraan dinas.

 

Tak hanya bagi HRD, aplikasi absensi online berbasis cloud juga memberikan kemudahan bagi karyawan. Pada aplikasi tersebut, karyawan dapat melihat riwayat kerjanya dan dapat mengajukan permohonan cuti dengan lebih praktis.