Beberapa Bentuk Dari Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur Yang Dapat Dipahami

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Setiap perusahaan membutuhkan laporan keuangan untuk kemajuan perusahaan. Dengan adanya laporan keuangan, pihak manajemen dapat melihat kondisi keuangannya dalam satu periode serta mengevaluasinya untuk kebutuhan ke depan.

 

Laporan keuangan mampu menunjukkan secara real posisi keuangan yang nantinya memudahkan manajemen dalam pengambilan keputusan. Laporan keuangan digunakan untuk perusahaan mana pun, tidak terkecuali perusahaan manufaktur. Berikut ini adalah beberapa bentuk dari laporan keuangan perusahaan manufaktur yang dapat dipahami :

 

1)      Laporan Harga Pokok Produksi Dalam Perusahaan Manufaktur

Dalam perusahaan manufaktur, kita mengenal adanya istilah laporan harga pokok produksi. Laporan inilah yang menjadi poin utama dalam perusahaan.

 

Karena dengan adanya laporan ini sebuah perusahaan bisa melihat jumlah persediaan dan jumlah nilai biaya yang menggunakan dalam proses produksi, serta jumlah nilai biaya overhead pabrik yang keluar dalam sebuah proses produksi.

 

Dengan begitu, perusahaan bisa menentukan dengan pasti berapa nilai harga pokok yang akan menggunakan pada barang jadi yang telah selesai membuatnya. Hal ini juga berpengaruh pada nilai jual yang akan menggunakan untuk menjual produk jadi dari hasil produksi tersebut.

 

2)      Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi pada perusahaan manufaktur sama dengan laporan laba rugi perusahaan lain, di mana di dalamnya terdapat nilai pendapatan dan beban dalam satu periode sehingga mendapatkan nilai laba atau rugi dalam satu periode tertentu.

 

Hasil dikurangi biaya merupakan nilai dari laba atau rugi. Jika hasilnya lebih besar dari biaya berarti laba, dan sebaliknya jika hasil lebih kecil dari biaya berarti rugi.

 

3)      Neraca

Neraca adalah laporan yang meringkas posisi keuangan suatu perusahaan pada periode tertentu. Dalam neraca terdapat dua bagian penting yaitu bagian aktiva dan bagian pasiva.

 

Aktiva merupakan kekayaan yang memiliki perusahaan atau organisasi ekonomi sedangkan pasiva merupakan sumber kekayaan perusahaan atau dengan kata lain aktiva berasal dari pasiva atau pasiva merupakan sumber aktiva.

 

Bagian aktiva atau kekayaan yang memiliki perusahaan dapat berbentuk aktiva lancar, aktiva tetap, dan aktiva tidak berwujud. Sedangkan pasiva terdiri dari kewajiban atau utang perusahaan dan modal perusahaan.

 

4)      Laporan Perubahan Ekuitas

Laporan perubahan modal atau laporan perubahan ekuitas merupakan suatu daftar yang mencatat secara sistematis untuk menjelaskan perubahan modal setelah perusahaan melakukan kegiatannya selama periode tertentu.

 

Modal akan bertambah jika laba bersih lebih besar dari pada pengambilan prive dan modal akan berkurang jika laba bersih lebih kecil dari pada pengambilan prive. Bentuk laporan perubahan ekuitas perusahaan manufaktur pada dasarnya sama dengan laporan perubahan modal pada perusahaan komersil lainnya.

 

Dari uraian di atas, dapat menyimpulkan bahwa bentuk laporan keuangan pada perusahaan manufaktur tidak jauh berbeda dengan perusahaan dagang maupun jasa. Jika Anda ingin mulai membuat laporan keuangan perusahaan, Anda dapat menggunakan software akuntansi online.

 

Leukeun Accounting adalah salah satu software laporan keuangan perusahaan yang dapat membantu dalam membuat laporan keuangan baik untuk perusahaan manufaktur, dagang, maupun jasa.

Dengan sistem cloud, Leukeun Accounting dapat membantu membuat laporan keuangan dengan mudah, cepat, nyaman, dan terperinci. Informasi lebih lanjut kunjungi website kami di: www.Leukeun.com

Start writing here...