Cara Untuk Mengelola Payroll Prosedur Dan Kontrol Lebih Mudah

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Salah satu hal terpenting di dalam usaha adalah pengelolaan payroll.  Sistem penggajian atau payroll ini pengelolaannya rumit dan juga berbelit. Kerumitan dalam pengelolaan payroll ini selalu ada meski Anda sudah menggunakan bantuan perangkat lunak payroll terbaik. Alasan mengapa software tersebut tidak akurat, efisien dan juga efektif karena perusahaan tidak boleh hanya mengandalkan sistem saja namun juga di imbangi dengan manajemen khusus mengelola dan mengatur payroll ini.

 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, proses payroll atau pengajian ini menghabiskan waktu kurang lebih 35% dari rata-rata waktu HRD. Padahal tugas yang harus diemban oleh HRD ini tidak hanya sebatas payroll saja. Oleh sebab itu agar payroll perusahaan Anda berjalan dengan baik. Ada beberapa cara mengelola payroll prosedur dan kontrol lebih mudah yang bisa dilakukan seperti berikut:

 

1.       Menata data yang tepat

Dalam payroll Anda harus bergelut dengan beragam data setiap harinya. Terdapat ratusan bahkan ribuan data berhubungan dengan angka, huruf, nama dan berbagai macam laporan yang harus dikelola. Hal tersebut tentu akan menghambat proses pengelolaan payroll ini. Data karyawan menjadi berserakan, transaksi perusahaan kurang akurat, dan regulasinya out of dated sehingga payroll menjadi kacau.

 

Anda hanya perlu melakukan penataan data perusahaan secara rinci dan akurat selain itu penataan data yang tepat juga akan membuat waktu operasi perusahaan menjadi lebih efisien.  Anda harus menyesuaikan supaya data dan informasi perusahaan Anda tersebut benar-benar telah diperbarui. Jika Anda mendapatkan data yang benar-benar relevan untuk kondisi perusahaan mudah bagi Anda untuk memisahkannya dengan data yang usang. Dengan melakukan prosedur dan kontrol ini software payroll akan maksimal untuk digunakan di perusahaan Anda.

 

2.       Komunikasi

Agar pengelolaan payroll prosedur dan kontrol mudah dilakukan Anda bisa berkomunikasi terkait payroll ini dengan karyawan Anda. Dengan menggunakan komunikasi yang jelas dan konsisten bisa meminimalisir risiko karyawan mendapat gaji di bawah angka yang seharusnya.  

 

Anda bisa berkomunikasi beberapa hal yang terkait dengan payroll tersebut seperti klasifikasi karyawan Anda, laporan kewajiban, dan juga prosedur yang berkaitan dengan penanganan kesalahan pengelolaan payroll.

 

 

3.       Investigasi

Payroll prosedur dan kontrol ini bisa dikelola dengan mempertimbangkan audit secara teratur terutama jika Anda menerima komplain berhubungan dengan payroll. Dengan investigasi di alur kerja, perusahaan Anda akan mudah untuk menemukan redundansi, penyumbatan, dan juga permasalahan lainnya yang mana menyebabkan proses tata kelola payroll ini menjadi bermasalah. Lakukan penilaian dan peninjauan ulang di setiap proses dan alur kerja perusahaan menjadi sebuah pendekatan yang baik kepada karyawan Anda.