Cara Yang Bisa Anda Terapkan Untuk Memaksimalkan Laporan Keuangan

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Pengelolaan keuangan adalah hal yang sangat menentukan dalam perkembangan bisnis. Ketika keuangan dikelola dengan baik, kondisi keuangan pun akan dapat dipantau dengan jelas. Hasilnya, keputusan dalam menentukan langkah bisnis selanjutnya akan menjadi lebih terarah. Nah, agar dapat mengelola keuangan secara efektif, Berikut empat cara yang bisa Anda terapkan untuk memaksimalkan laporan keuangan.

 

1)      Pilih Sistem Akrual untuk Laporan Keuangan Anda

Ada dua sistem akutansi yang bisa Anda terapkan di dalam bisnis Anda. Pertama ada sistem akutansi kas dan kedua ada sistem akutansi akrual. Kas adalah sistem akutansi yang paling sering dipakai hampir semua kalangan karena mudah diterapkan. Sistem akutansi kas ini akan mencatat semua transaksi yang masuk dan keluar.

 

Sedangkan, sistem akutansi akrual juga mencatat semua penerimaan dan pengeluaraan kas, tetapi ada pencatatan jumlah utang dan piutang di dalam bisnis. Jadi, akutansi akrual bisa memberikan gambaran yang lebih akurat atas kondisi keuangan yang sebenarnya karena adanya pencantuman jumlah utang tersebut.

 

 

2)      Catat Semua Pengeluaran dan Pemasukan

Tips selanjutnya adalah mencatat semua pengeluaran dan pemasukan. Biasanya, para pemilik bisnis atau pelaku UKM sangat malas melakukan pencatatan secara detail. Bahkan ada beberapa pemilik bisnis yang hanya mengingat-ingat setiap transaksi.

Hasilnya? Financial report bulanan bahkan tahunannya sangat kacau. Anda tidak mau hal tersebut terjadi, bukan? Oleh sebab itu, biasakan untuk melakukan pencatatan secara detail. Mulai dari pengeluaran sampai pemasukan harus selalu dicatat.

 

 

3)      Jelaskan Pengeluaran dan Pemasukan Secara Detail

Apakah Anda pernah melihat laporan dengan jenis transaksi “Membayar Gaji Bulanan Seluruh Karyawan”? Coba sekarang biasakan untuk menuliskan segala informasi secara detail. Misalnya, ganti “Membayar Gaji Bulanan Seluruh Karyawan” dengan “Membayar Gaji Karyawan Si A Bulan September 2016”.

Dengan begitu, Anda bisa melihat laporan dengan jelas. Ini juga akan membantu Anda untuk lebih teliti dalam melakukan pencatatan keuangan. Jadi, ketika pada kemudian hari Anda perlu mengecek ulang pengeluaran atau pemasukan, Anda bisa tahu detailnya secara jelas tanpa perlu pusing menebak-nebak.

 

 

4)      Patuhi Tenggat Waktu

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mematuhi tenggat waktu. Biasanya, ini akan sering terjadi ketika Anda tidak mempunyai orang bagian akuntansi sendiri, jadi Anda sering missed dalam membuat laporan. Padahal, seharusnya laporan keuangan ini dikerjakan setiap hari, direkap setiap bulan, dan melakukan tutup buku setiap tahun.

Guna Anda mematuhi tenggat waktu ini juga akan berpengaruh terhadap target yang akan Anda capai. Target jangka pendek dan jangka panjang akan erat hubungannya dengan laporan keuangan Anda tepat waktu atau tidak.

 

Itulah empat cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan laporan keuangan di dalam perusahaan anda. Permudah kinerja Anda dengan menggunakan Leukeun Accounting yang sistemnya berbasis could untuk informasi lebih lanjut kunjungi website kami di: www.leukeun.com