Faktor Apa Saja yang Pengaruhi Perubahan Gaji Karyawan?

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Pada dasarnya, setiap perusahaan memiliki kebijakannya masing-masing dalam memberikan tunjangan atau potongan-potongan gaji lainnya kepada karyawan. Kita tahu bahwa payroll adalah sistem yang memudahkan perusahaan dalam memberikan gaji kepada karyawan.


Akan tetapi, kira-kira apa saja sih yang memengaruhi perubahan gaji karyawan di setiap bulannya? Nah, agar tidak salah paham dalam menerima slip gaji melalui payroll, berikut hal-hal yang dapat mengubah gaji karyawan:


1) Kehadiran

Sudah jelas jika kamu absen satu hari tanpa alasan tertentu, gajimu akan dipotong dan nantinya akan masuk ke dalam sistem payroll.


2) Uang lembur

Jika kamu mendapatkan jatah lembur dalam satu atau dua hari, kemungkinan kamu akan mengalami penambahan gaji pada periode waktu tertentu.


3) Bonus sesuai target

Dalam satu bulan kamu bisa mendapatkan target yang disesuaikan oleh perusahaan. Dengan begitu, dipastikan kamu akan mendapatkan bonus di akhir bulan dan tentunya masuk ke dalam sistem payroll.


4) Potongan utang atau denda

Apabila kamu melakukan kesalahan yang merugikan perusahaan dan dikenakan denda, jelas gaji bulananmu akan dipotong otomatis oleh sistem payroll.

Sebagai contoh, saat kamu mendapatkan bonus sesuai target, tugas payroll adalah langsung memasukkan uang bonus tersebut ke dalam slip gajimu.


Itulah beberapa faktor yang memengaruhi perubahan gaji karyawan di tiap bulan. Nah, dalam prosesnya, payroll akan menghitung semua itu secara otomatis. 


Start writing here...