Hal-Hal Penting Dalam Pengelolaan Perusahaan Dagang Yang Harus Anda Ketahui

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Perusahaan dagang merupakan sejenis perusahaan yang kegiatan utamanya melakukan transaksi pembelian barang dari supplier atau biasa dikenal juga dengan pemasok, kemudian dijual lagi ke konsumen tanpa mengubah wujud barang tersebut dengan nilai jual yang tinggi.

Yang termasuk dalam golongan perusahaan dagang ini seperti distributor, agen tunggal, pengecer, swalayan, toko serba ada, pusat perbelanjaan atau pusat barang-barang grosir. untuk mengetahuinya lebih lanjut, Berikut hal-hal penting dalam pengelolaan perusahaan dagang yang harus Anda ketahui :

1.       Inventory Control

Pencatatan persediaan barang atau inventory control di bidang akuntansi dibedakan menjadi 2 yaitu metode persediaan periodik dan perpetual. Dalam metode periodik, adanya transaksi pembelian tidak didebet pada rekening persediaan tapi  pada rekening pembelian.

 

Begitu pula dengan transaksi penjualan, tidak dikredit pada rekening persediaan tapi pada rekening penjualan. Sedangkan pada metode perpetual, baik jumlah penjualan maupun harga pokok penjualan akan dicatat di setiap barang yang dijual. Dengan cara ini catatan akuntansi akan secara terus-menerus memperlihatkan jumlah persediaan yang ada.

 

2.       Cash Flow (Arus Kas)

Inti dari pengelolaan perusahaan dagang adalah arus kas. Dengan dana kas yang terkelola dengan baik, semua aktivitas perusahaan bisa selalu terjaga. Baik itu untuk dana operasional perusahaan, utang-piutang yang jatuh tempo, ataupun bila perusahaan ingin berinvestasi. Oleh sebab itu laporan keuangan khususnya kas masuk dan kas keluar sangat penting dalam menentukan baik tidaknya kondisi keuangan sebuah perusahaan.

 

 

3.       Profit Perusahaan

Profit perusahaan adalah kata kunci untuk menjaga bisnis tetap berkembang. Tanpa profit, perusahaan,akan sulit memperoleh keuntungan sehingga membuat perusahaan tidak berkembang. Ketika perusahaan dagang mengalami hal ini, maka perusahaan akan kalah bersaing dengan perusahaan lain dan bisa membuat perusahaan gulung tikar. Mengembangkan bisnis dan meningkatkan profit adalah suatu tantangan yang berkelanjutan. Untuk itu, Anda dituntut untuk terus berinovasi untuk mengembangkan bisnis di era pertumbuhan ekonomi seperti sekarang ini.

 

4.       Kelancaran Utang-Piutang

Utang usaha yang lancar menjadi kekuatan untuk selalu tersedianya stok persediaan pada perusahaan dagang. Pada dasarnya, supplier akan senang memberikan barangnya karena utang yang kita miliki selalu dibayar dengan lancar dan tepat waktu. Dalam membantu arus kas, umur piutang menjadi penentunya karena penghasil kas adalah dari konsumen. Semakin lama umur piutang, maka perusahaan akan sulit mendapatkan kas.

 

5.       Rekening Akuntansi yang Digunakan

Akun-akun yang dapat digunakan untuk perusahaan dagang lebih variatif dibandingkan jenis usaha jasa atau jenis usaha manufaktur. Perusahaan akan terbantu bila mereka menggunakan program akuntansi. Umumnya, software tersebut sudah menyediakan rekening yang sesuai dengan standar akuntansi.

Start writing here...