KEBUTUHAN POINT OF SALES UNTUK UMKM

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menyumbang lebih dari 60% perekonomian di Indonesia. Hal ini menyebabkan peningkatan dalam permintaan sistem dan teknologi bisnis untuk meningkatkan keuntungan usaha. Untuk menyediakan produk dan layanan dengan kualitas terbaik, setiap bisnis membutuhkan sistem dan teknologi mutakhir dan terbaik.

Di antara berbagai aspek bisnis, sistem kasir yang baik dan efisien adalah salah satu kunci untuk meningkatkan produktivitas. Ada beberapa komponen dalam mesin kasir konvensional  yang tidak menunjang efisiensi bisnis, seperti terlalu banyak jenis peralatan yang memakan tempat. Mesin kasir konvensional juga harus selalu dipantau  untuk mencegah kesalahan maupun kecurangan dari petugas kasir. Untuk itu, sistem Point Of Sales (POS) akan sangat membantu dalam aktivitas operasional usaha UMKM. Alasan pertama adalah karena sistem POS dapat dengan mudah digunakan pada smartphone atau tablet. Selain itu, kelebihan sistem POS adalah flexibilitas bagi para pemilik usaha. Dengan adanya POS, pemilik usaha tidak perlu lagi susah-susah mengunjungi dan mengontrol toko karena sebagian besar kontrol operasional dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja dengan koneksi internet.

Dari segi perencanaan dan strategi usaha, pemilik usaha saat ini membutuhkan lebih dari sekedar mesin yang hanya bisa mencatat dan menghitung transaksi. Para pemilik usaha, terutama UMKM, membutuhkan sistem yang dapat mempermudah pembuatan dan analisa laporan transaksi. Lewat analisa transaksi para pelaku usaha dapat membuat strategi untuk memajukan usaha mereka. Selain itu, sistem POS memungkinkan bisnis kecil untuk melacak dan mengelola stok barang yang memungkinkan bisnis kecil anda untuk melakukan pembelian stok barang yang lebih pintar yang dapat membantu meningkatkan profit dan mengurangi kerugian.

Masih banyak alasan-alasan lain untuk menggunakan sistem POS dalam bisnis, untuk itu sangat disarankan bagi pelaku usaha untuk memiliki sistem POS yang mudah digunakan, fitur dan fungsi yang lengkap, juga efisien untuk meningkatkan usaha terutama yang memiliki kategori UMKM