Manfaat Slip Gaji Bagi Karyawan

 Bagi perusahaan, slip gaji berfungsi sebagai dokumentasi atas pencatatan pengeluaran gaji yang dibayarkan perusahaan kepada karyawan. Atau sebagai bukti resmi bahwa perusahaan telah melakukan kewajibannya terhadap karyawan yang bersangkutan berkaitan dengan sejumlah nominal tertentu yang menjadi hak karyawan.

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Kebanyakan dari kita mungkin tidak menyadari manfaat lain dari slip gaji karyawan, yang mungkin selama ini kita pikir itu hanya berisi informasi seputar upah kerja, seperti gaji pokok, tunjangan, BPJS, pajak, uang lembur, insentif, pajak dan lainnya. Slip gaji merupakan hak karyawan yang harus diberikan oleh perusahaan, karena sifatnya yang penting dan rahasia.

Berikut dalam Artikel ini akan kami Rangkum Manfaat Slip Gaji Bagi Karyawan :

1)      Mengetahui Perincian Gaji yang Diterima Karyawan

Pada slip gaji yang kamu terima setiap bulannya, kamu bisa mengetahui perincian gaji tersebut. Misalnya, gaji pokokmu sebesar Rp6 juta setiap bulannya. Namun, dari gaji pokok tersebut dipotong untuk biaya jabatan sebesar 5%, iuran JHT sebesar 2%, iuran pensiun sebesar 1%, dan pajak penghasilan (PPh 21). Perincian tersebut tergantung dari kebijakan perusahaan karena ada juga tunjangan lain yang biasa diberikan seperti BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa melihat potongan atau tambahan lain pada slip gaji. Misalnya, bonus atau potongan karena keterlambatan dan ketidakhadiran tanpa alasan yang jelas. Dengan begitu kamu bisa memperbaiki dan meningkatkan kinerja kamu di kantor.

 

2)      Mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR)

Kamu memiliki rumah idaman? Nah, dengan slip gaji, kamu bisa mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dengan mudah. Slip gaji merupakan syarat untuk mengajukan KPR dari bank. Biasanya kamu harus menyertakan slip gaji selama 3 – 6 bulan berturut-turut untuk masa kerja minimal satu tahun.

Kamu juga harus memastikan bahwa slip gaji yang kamu sertakan tiga kali lebih tinggi dari angka cicilan tiap bulannya.  

 

3)      Kredit Kendaraan Bermotor

Selain mengajukan KPR, kamu juga bisa mengajukan kredit kendaraan bermotor. Fungsi dari slip gaji itu sendiri untuk memastikan bahwa kamu memiliki pekerjaan tetap dengan penghasilan cukup untuk membayar cicilan setiap bulannya. Slip gaji biasanya juga harus disertakan dengan fotokopi KTP, fotokopi kartu keluarga, buku tabungan, dll.

Berbeda dengan KPR, kredit kendaraan bermotor memiliki cicilan perbulan yang lebih kecil tergantung dari jenis kendaraan yang kamu pilih.

 

4)      Kredit Alat Elektronik

Alat elektronik saat ini memang sudah menjadi kebutuhan utama bagi beberapa orang. Misalnya saja seperti mesin cuci, penanak nasi, televisi, ponsel, komputer, dll. Dengan harga yang terkadang sulit untuk dijangkau, kamu tetap bisa memilikinya melalui kredit. Kamu bisa memenuhi kebutuhan alat elektronik di rumahmu dengan menyertakan slip gaji sebagai syarat administrasi. Sama halnya dengan mengajukan kredit kendaraan bermotor, slip gaji juga digunakan sebagai bukti bahwa kamu memiliki penghasilan yang cukup setiap bulannya untuk membayar cicilan.

5)      Kredit Tanpa Agunan

Dalam memberikan kredit atau pinjaman, Bank dan perusahaan sebagai penyedia biasa mengharuskan seorang peminjam atau kreditur untuk memberikan agunan atau jaminan. Agunan atau jaminan biasanya dalam bentuk barang berharga yang berfungsi sebagai penjamin agar kreditur taat membayar cicilan setiap bulannya.

Namun, dengan menyertakan slip gaji, kamu bisa melakukan kredit tanpa agunan. Bank penyedia kredit juga akan mengklasifikasi terlebih dahulu apakah kamu layak mendapatkan fasilitas tanpa agunan tersebut. Bank akan melihat apakah gaji yang kamu terima sesuai dengan kredit yang kamu ajukan.

 

6)      Untuk Melamar Pekerjaan Baru

Sebelum mengundurkan diri dari perusahaan tempat kamu bekerja saat ini, pastikan kamu meminta slip gaji terlebih dahulu. Slip gaji biasanya dibutuhkan sebagai lampiran saat kamu melamar pekerjaan baru. Melampirkan slip gaji bisa dilakukan jika kamu menginginkan gaji yang lebih tinggi dari gaji di perusahaan sebelumnya.

Perusahaan baru juga bisa menjadikan slip gaji mu sebagai referensi atau acuan untuk mempertimbangkan nominal gaji yang pantas kamu dapatkan dengan potensi yang kamu miliki saat ini.

 

Melihat beberapa Manfaat  slip gaji di atas, kamu harus menyimpan slip gaji mu dengan baik mulai saat ini. Kamu tidak boleh ceroboh dengan meletakkannya di sembarang tempat atau bahkan membuangnya begitu saja.

Namun, lebih baik lagi jika kamu menggunakan Leukeun. Leukeun menyediakan slip gaji yang dapat diakses oleh karyawan itu sendiri. Jadi, tidak perlu takut hilang karena slip gaji Leukeun tidak menggunakan kertas. Informasi leibih lanjut kunjungi website kami di:WWW.Leukeun.com