Mengapa Teknik Analisis Dalam  Bisnis Itu Penting?

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Teknik analisis bisnis penting karena membantu mengembangkan dan mengoptimalkan solusi yang akan menciptakan hasil yang diinginkan bagi suatu organisasi. Strategi analisis ini digunakan sepanjang umur proyek untuk menentukan masalah dan peluang apa pun yang dapat muncul. Ada berbagai macam alat dan model analisis, dengan teknik khusus yang lebih efektif untuk tahap tertentu dari siklus hidup proyek. Selain itu, teknik tertentu lebih cocok untuk tujuan dan proyek tertentu.

 

Berikut adalah 5 teknik efektif yang dapat Anda gunakan untuk analisis bisnis yang sukses:

1.       CATWOE

CATWOE, yang merupakan singkatan dari clients, actors, transformation, world view, owner dan environmental constraints atau  klien, aktor, transformasi, pandangan dunia, pemilik dan kendala lingkungan, digunakan untuk mengidentifikasi masalah dan menentukan bagaimana solusi akan mempengaruhi organisasi serta pihak terkait lainnya. Pada gilirannya, ini memberikan pemahaman yang komprehensif tentang perspektif yang terlibat.

 

2.       Cerita pengguna

Lebih modern daripada teknik analisis kebanyakan, cerita pengguna umumnya digunakan dengan metodologi Agile untuk mengumpulkan perspektif dan persyaratan pengguna akhir untuk mengembangkan solusi. Ini menghasilkan teknik yang sangat efektif dan berfokus pada pengguna.

 

3.       Analisis kebutuhan

Sebagai bagian reguler dari siklus hidup proyek, analisis kebutuhan dilakukan setelah proposal solusi untuk lebih memahami tujuan yang diharapkan dapat dicapai oleh proyek. Hal ini dilakukan melalui wawancara dan lokakarya yang melibatkan para pemangku kepentingan secara langsung.

 

4.       Analisis kebutuhan non-fungsional

Ketika solusi teknologi diubah, analisis kebutuhan non-fungsional sering dilakukan. Teknik ini menggunakan persyaratan penyimpanan data dan kinerja sistem untuk mengevaluasi faktor kinerja sistem yang diusulkan. Biasanya dilakukan selama fase analisis proyek dan kemudian diimplementasikan pada fase desain, teknik ini adalah salah satu yang paling mudah untuk diadopsi dan digunakan untuk menguji hal-hal seperti:

·         Keandalan

·         Logging

·         Keamanan

·         Performance

·         Brainstorming

Sering digunakan dalam hubungannya dengan teknik analisis bisnis lainnya, brainstorming biasanya dilakukan sebagai kegiatan kelompok di mana peserta menggunakan pemikiran kreatif dalam upaya untuk menghasilkan ide dan solusi untuk masalah.

 

5.       Pemodelan kasus

Terutama digunakan selama fase desain proyek pengembangan dan dalam proyek pengembangan perangkat lunak, pemodelan use case dengan jelas menunjukkan ruang lingkup fungsionalitas sistem yang diusulkan. Pemodelan use case secara visual menggambarkan bagaimana berbagai fungsi bisnis dalam sistem prospektif harus bekerja melalui interaksi pengguna.