MENGENAL LEBIH JAUH TENTANG POINT OF SALES

Sudah bukan rahasia bahwa perkembangan bisnis dunia saat ini begitu cepat seiring dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih. Apakah yang harus dilakukan? Apakah penjual hanya menunggu datangnya pelanggan ataukah harus menjemput bola? Tentu saja para pengusaha retail harus mulai memikirkan beberapa cara untuk bisa bersaing dalam bisnis ini.

Saat ini yang sering terjadi adalah terkadang kemacetan yang timbul dalam arus lalu lintas yang begitu padat dan kesibukan kita melakukan transaksi, sehingga sering menyebabkan waktu yang tidak terkoordinir maksimal dan juga membuat kita lalai dalam pengelolaan masalah bagaimana transaksi bisa berjalan secara efisien, rapi, terkontrol, dan akurat.

Solusi yang tepat saat ini adalah dengan memakai program Point of Sales. Apakah Point of Sales itu?

Odoo image and text block

 

PENGERTIAN POINT OF SALES (POS)

 

Point of Sales adalah : Sebuah aplikasi/software kasir atau bisa juga disebut sebagai online kasir yang fungsinya adalah sebagai suatu alat yang dapat membantu para pedagang atau penjual di toko-toko retail yang mempunyai banyak cabang, dalam istilah bisnisnya bisa diartikan juga sebagai suatu program yang memadukan antara tempat kasir (check out cashier) dengan mesin kasir (cash register) yang merupakan titik akhir dari sebuah penjualan/transaksi.

Dengan adanya POS ini maka para penjual retail tidak perlu melakukan penjualan secara manual dengan menghitung semua transaksi dengan kalkulator, dan tidak perlu mencatat setiap penjualan secara manual. Tentunya dengan adanya POS maka pekerjaan para penjual akan lebih cepat, akurat dan dapat dikontrol di mana saja tanpa harus kita berada di tempat usaha kita, karena sistim POS dapat langsung berintegrasi dengan gadget kita.

 

MANFAAT ADANYA POS adalah :

1.    Data setiap transaksi akan terbaca secara terperinci yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, sehingga pengusaha retail bisnis akan bisa mengontrol situasi di cabang-cabangnya bahkan bisa juga diberikan laporan singkat dalam suatu periode tertentu bila dibutuhkan.

2.    Semua persediaan barang yang ada di dalam toko dapat diawasi otomatis secara akurat sehingga mengurangi terjadinya kelalaian ataupun ketidakjujuran karyawannya.

3.    Hemat waktu dalam melakukan transaksi dengan konsumen.

4.    Setiap perubahan data bisa dilakukan secara efisien dan cepat, bila sewaktu-waktu terjadi sebuah perubahan, misalnya harga yang berubah ataupun jumlah yang berubah.

5.    Semua laporan berjalan sesuai keadaan pada hari itu (real time).

6.    Sistem POS yang dipakai oleh Leukeun memakai sistem Web Based yang berfungsi melindungi kerahasiaan pengguna dan menghindari hacker.

7.    Adanya POS membuat bisnis kita lebih terlihat profesional dan membuat pelanggan puas yang tentunya membuat hubungan para penjual lebih dekat dengan para pelanggannya.

8.    POS juga akan dapat membuat sebuah laporan yang detail mengenai jenis-jenis produk apa saja yang diminati oleh pelanggan sehingga untuk transaksi di hari berikutnya dapat ditambah produk-produk yang paling laku dijual.

 

Jadi, dengan melihat berbagai manfaat tersebut di atas, masihkah kita menunda untuk mulai melangkah ke depan dengan menggunakan POS. Ingat, para pesaing kita sudah banyak melakukan ekspansi untuk membuat bisnis mereka lebih modern dan profesional.