PENTINGNYA HRD DALAM SEBUAH PERUSAHAAN

Divisi Sumber Daya Manusia atau yang biasa dikenal dengan HRD adalah sebuah pekerjaan yang berkaitan dengan sumber daya manusia yang ada didalam perusahaan. HRD atau Human Resource Departement adalah sebuah bagian penting dalam menjaga keutuhan dan keefektifan kerja didalam perusahaan. Seperti namanya, fungsi utama dari HRD adalah untuk mengatur dan mengembangkan segala hal yang berkaitan dengan sumber daya manusia, menjaga hubungan antara karyawan dengan perusahaan dan memastika seluruh hak yang dimiliki karyawan dapat diterima dengan sebagaimana mestinya.

Odoo image and text block

 

Jika dahulu biasanya orang yang bekerja didalam divisi HRD adalah seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan dari jurusan psikologi namun sekarang, profesi sebagai Human Resource mulai diisi dari berbagai macam latar belakang disiplin ilmu.

HRD merupakan salah satu departemen atau divisi kerja yang sangat penting dalam jalannya perusahaan, sebenernya apa saja tugas dan tanggung jawab

Dalam sebuah perusahaan, karena HR Departemen memiliki kewajiban mengelola dan mengatur semua Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada, maka biasanya HR Departemen memiliki kewenangan yang bisa dikatakan cukup tinggi di dalam perusahaan.

Tanggung Jawab HR Departemen dalam Perusahaan

Sudah dijelaskan di atas bahwa HR Departemen adalah salah satu bagian yang cukup penting keberadaannya di dalam perusahaan, hal ini berarti HR Departemen memiliki tanggung jawab yang cukup besar di dalam perusahaan, apa saja tanggung jawab HR Departemen terhadap perusahaan? sehingga membuat HRD menjadi salah satu pemegang kunci dari jalannya perusahaan, berikut adalah penjelasannya.

Melakukan perencanaan seputar SDM

Salah satu tanggung jawab HRD dalam perusahaan adalah melakukan perencanaan terutama yang berkaitan dengan proses pengembangan sumber daya manusia mulai dari HR planning, rekruitmen karyawan, manajemen performa, pelatihan dan pengembangan diri, kompensasi dan bonus, hubungan industri dan administrasi. Seluruh kegiatan tersebut tentunya memerlukan perencanaan yang baik dan harus dipersiapkan dengan matang.

Rekruitmen karyawan baru

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu kegiatan HR adalah melakukan rekruitmen karyawan baru. HR dituntut harus dapat menemukan talenta terbaik yang ada dari sekian banyaknya calon karyawan yang melamar diperusahaan. Tentu saja hal ini tidak mudah karena untuk memilih dan mengetahui calon karyawan mana yang benar-benar mampu dan cocok untuk bekerja didalam perusahaan dibutuhkan keahlian khusus yang tidak semua orang memilikinya.

Mengelelola Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia merupakan salah satu aset paling penting yang ada didalam sebuah perusahaan. Oleh karena itu HRD harus dapat menjaga agar karyawan dapat tetap bekerja dengan baik dan meminimalisir perpecahan yang mungkin saja terjadi diantara karyawan. Selain itu HRD juga bertanggung jawab untuk menemukan potensi yang ada didalam diri setiap karyawan.

Itu tadi adalah beberapa penjelasan mengenai tanggung jawab dan pekerjaan HRD, lalu mengapa sebenarnya HRD itu penting bagi perusahaan? Tentu saja HRD sangat penting dalam perusahaan karena HRD memiliki peran yang sangat sentral dalam mengatur dan memanajemen sumber daya manusia yang ada didalam perusahaan, bayangkan saja apa yang akan terjadi jika perusahaan tidak memiliki HRD dan tidak dapat memanajemen karyawan dengan baik, tentu saja perusahaan perlahan-lahan akan hancur karena sistem kerja yang buruk.

Oleh Karena itu Leukeun hadir untuk membantu HRD dalam memanage karyawan melalui sebuah sistem LEUKEUN HRIS, Sistem ini akan mempermudah pekerjaan para HRD dalam mencatat dan mengumpulkan data karyawan,selain itu juga bisa mengontrol pekerjaan pekerjaan yang dilakukan oleh setiap karyawan dan melihat progress setiap saatnya .

Jadi  tunggu apalagi ?

Daftarkan perusahaan anda segera di www.leukeun.com