Pentingnya Laporan Arus Kas yang dapat Berpengaruh Pada Kesuksesan Perusahaan

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Dalam menjalankan sebuah bisnis, pengelolaan arus kas yang baik merupakan kunci dari keberlangsungan suatu bisnis dan menjadi salah satu hal penting yang menentukan keberhasilan suatu bisnis.

Banyak bisnis yang mengalami kegagalan di tahun-tahun pertamanya hanya karena masalah arus kas, mulai dari pengeluaran lebih besar daripada pendapatan hingga pengeluaran sama dengan pendapatan. Masalah ini tidak bisa dianggap sepele, karena jika dibiarkan terus menerus bisa berakibat pada kegagalan bisnis. Berikut adalah beberapa hal penting yang harus dilakukan untuk mengatur arus kas:

 

1)      Tentukan Budget dan Break Even Point

Menentukan BEP dalam usaha, akan sangat membantu dalam mengatur arus kas perusahaan. Tujuannya adalah untuk mencapai target lebih awal dan dapat digunakan dalam memproyeksikan arus kas selanjutnya.

 

2)      Fokus pada manajemen arus kas yang baik

Pastikan Anda fokus saat melakukan pengaturan arus kas terutama yang berkaitan dengan manajemen pengaturannya. Apabila perusahaan sudah mencapai BEP, jika memang manajemen Anda baik maka keuntungan bisa dimasukkan ke arus kas tersebut untuk keperluan berikutnya. Sedangkan jika belum, Anda sepertinya perlu melakukan evaluasi agar pengeluaran tidak terlalu membengkak.

 

3)      Tingkatkan omzet penjualan

Salah satu cara untuk melakukan evaluasi apabila break even point tidak tercapai adalah dengan meningkatkan omzet penjualan. Cara ini bisa sangat berpengaruh kepada arus kas yang dapat mengarah ke sisi positif dengan bertambahnya omzet penjualan.

 

4)      Dorong pelanggan untuk membayar tagihan lebih cepat

Faktor lain yang dapat "menghambat" arus kas adalah keterlambatan konsumen yang membayar tagihan atau piutang. Sebaiknya, Anda terapkan jangka waktu minimal pembayaran, misalnya mulai 10 hari, 30 hari atau 60 hari.

 

Perusahaan bisa mempercayakannya kepada salah satu karyawan untuk melakukan tagihan maupun pengawasan. Tawarkan pula promo menarik, semisalnya potongan harga ataupun promo lainnya. Jangan lupa untuk membuat perjanjian tertulis agar memberikan bukti yang otentik.

 

Agar Anda dapat melakukan pengamatan secara realtime, Anda bisa menggunakan software yang dirancang untuk pengaturan arus kas seperti Leukeun Accounting. Leukeun dapat meminimalisisr kesalahan dan juga lebih mudah dan cepat untuk mencapai target usaha Anda.

 

5)      Pantau aktivitas kas dengan software akuntansi

Hal akhir yang harus Anda lakukan adalah dengan memantau secara berkala pengaturan arus kas. Memang dalam melakukan pengamatan dibutuhkan ketelitian agar tidak terjadi kesalahan apapun. Apalagi secara manual.

 

Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan software akuntansi yang dirancang untuk pengaturan arus kas seperti Software Leukeun Accounting. Dengan menggunakan Accounting, kesalahan perusahaan dalam pembukuan dapat diminimalisir.