Peran Accounting Dalam Kegiatan Bisnis

 Accounting atau Akuntansi  sudah banyak dipelajari secara sungguh-sungguh oleh kebanyakan pebisnis dan akuntan itu sendiri dianggap penting dalam mencapai keberlanjutan suatu bisnis. Akuntansi dalam perusahaan diibaratkan sebagai jantung dalam tubuh manusia yang mengatur peredaran darah di tubuh anda,Jadi dalam perusahaan selalu menerima jabatan akuntan yang profesional bukan dari jurusan yang lainnya dikarenakan penting.

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Tetapi masih ada pula para pengusaha yang sangat biasa dalam memahami akuntansi sehingga bisa berdampak fatal. Dampak fatalnya adalah pengusaha tidak mengetahui laporan keuangan sehingga sangat bergantung pada pendapat akuntannya, kalau akuntannya Bagus maka saran yang baik, tetapi bila akuntannya kurang baik maka bisa berakibat kesalahan dalam memutuskan rencana bisnis anda.

Para pengusaha memang tidak harus mengerti akuntansi secara keseluruhan, cukup dengan mempelajari akuntansi secara sederhana yaitu mengerti laporan keuangan perusahaan.

Berdasarkan pengertian di atas tentu saja peran akuntansi bagi perusahaan sudah tidak diragukan lagi. Akuntansi bagi perusahaan memainkan peranan penting karena membantu dalam proses jalannya bisnis. Lalu apa sajakah peran-peran utama akuntansi bagi perusahaan yang kerap ditemukan dalam kehidupan bisnis. Berikut penjelasannya.

v  Informasi Keuangan

Peran pertama dari akuntansi bagi perusahaan adalah sebagai sumber informasi keuangan perusahaan tersebut. Bagian di dalam akuntansi seperti pembukuan dan laporan keuangan menyediakan berbagai informasi mengenai berbagai macam transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan. Berbagai data yang berhubungan dengan keuangan akan di catat dalam buku besar secara terperinci dan rutin. Buku besar nantinya akan diteruskan dan menghasilkan laporan keuangan. Maka dari itu, sebaiknya Anda menyusun pembukuan dengan rapi serta rutin dalam memperbaharui data. Tentunya hal ini akan jauh lebih efektif serta efisien apabila Anda memanfaatkan software akuntansi yang akan mencatat semua laporan keuangan perusahaan Anda. Salah satu software akuntansi terbaik dengan pencatatan dan pengolahan data otomatis adalah Jurnal.

 

 

v  Analisis Bisnis

Setelah dikumpulkan, data-data akuntansi tersebut diolah dan akan digunakan sebagai pisau analisis kinerja perusahaan. Data akuntansi mencerminkan kinerja serta posisi keuangan suatu perusahaan. sehingga dapat membantu Anda untuk memahami apa yang terjadi pada perusahaan serta membandingkan data saat ini dengan data sebelumnya. Jika terdapat variasi substansial dalam kinerja, pengusaha dapat menerapkan perubahan dalam perusahaan untuk mengoreksi perbedaan-perbedaan ini. Semakin sering data akuntansi disajikan, maka akan semakin mudah dalam peninjauan dan analisis yang membuka peluang manajemen mengenali masalah kecil sebelum menjadi masalah besar.

 

v  Perencanaan Bisnis

Peran ini nantinya akan erat hubungannya dengan penganggaran perusahaan. Karena salah satu penggunaan paling umum dari informasi akuntansi adalah untuk membuat anggaran dan perkiraan untuk perencanaan bisnis. Dengan menggunakan data dari periode sebelumnya, perusahaan akan membuat anggaran dan rencana yang sebaiknya dilakukan untuk periode mendatang. Data ini dipakai mulai dari proyeksi penjualan dan keuntungan, evaluasi, pembuatan usulan anggaran, perencanaan bisnis berikutnya, negosiasi, hingga tinjauan dan persetujuan.

 

v  Penghubung dengan Pihak Ketiga

Selain berhubungan dengan urusan dalam perusahaan, akuntansi juga ada untuk membantu perusahaan untuk terhubung dengan pihak luar. Para akuntan dan data-data akuntansi yang diolahnya berfungsi sebagai jembatan penghubung antara perusahaan dengan pihak ketiga untuk mengambil keputusan terkait kerja sama, proses jual beli, investasi serta transaksi lainnya. Data akuntansi memberi informasi kepada pihak vendor ataupun investor untuk kemudahan pengambilan keputusan terkait perusahaan Anda. Tentu hal ini sangatlah masuk akal sebab investor tidak akan melakukan investasi tanpa adanya informasi keuangan yang mutakhir dan juga akurat. Tidak sampai di situ, akuntansi dan elemen yang ada di dalamnya pun dapat menjadi penghubung antara perusahaan dengan pemerintah dalam hal pelaporan pajak dan proses audit.

 

v  Pengambilan Keputusan Investasi

Jika poin sebelumnya lebih membahas mengenai pihak ketiga yang melakukan investasi ke dalam perusahaan, maka pada poin ini peran akuntansi berfungsi untuk memberi perusahaan pertimbangan ketika akan melakukan investasi ke luar. Perusahaan biasanya menggunakan data akuntansi untuk menentukan cara menginvestasikan dana. Dari hasil analisis keuangan perusahaan akan dilihat berapa banyak uang tunai yang dibutuhkan dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Setelah hal ini selesai ditentukan, kemudian akan dipilih saham, obligasi atau investasi mana yang cocok untuk menyimpan uang tunai tersebut selama periode waktu yang dibutuhkan.

 

Jadi peran akuntansi dalam kegiatan bisnis dan usaha sangat diperlukan dikarenakan pengelolaan keuangan yang baik akan menjadi penyedia masukan bagi perusahaan, memudahkan pengambian keputusan pemangku kepnetingan dalam perusahaan Anda.