Seberapa Penting Peran Accounting Dalam Perkembangan Sebua Bisnis??

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Peranan akuntansi didalam perusahaan tentunya sangat penting, mengingat setiap perusahaan membutuhkan laporan keuangan yang akurat guna menganalisa keadaan suatu perusahaan. Juga berguna untuk  dalam mengambil keputusan demi kelangsungan perusahaan kedepannya. Berikut adalah mengapa software accounting sangat penting dalam sebuah bisnis :

1) Untuk Membuat Laporan Keuangan

Seorang akuntan biasanya menyusun laporan keuangan dan adanya laporan keuangan ini juga menjadi bentuk ketaatan sebuah perusahaan terhadap aturan yang dibuat oleh pemerintah. Dengan ketaatan seperti ini maka sebuah perusahaan bisa dianggap legal dan tak melanggar hukum yang ada.


2) Sebagai Laporan Kepada Pihak Pihak yang Berkepentingan

Memudahkan laporan yang diperuntukkan kepada berbagai macam pihak yang berkepentingan dengan sebuah perusahaan, terutama yang berhubungan dengan aktivitas ekonomi yang ada di perusahaan tersebut. Beberapa pihak terkait yang dimaksud dalam hal ini adalah pihak internal dan pihak eksternal. Pihak internal yang dimaksud adalah manajemen sebuah perusahaan. Sementara yang dimaksud dengan pihak eksternal adalah karyawan, pemilik, pelanggan, kreditor, masyarakat dan lain sebagainya.


3) Mempermudah Pengambilan Keputusan untuk Kepentingan Perusahaan

Akuntansi biasanya akan mengumpulkan semua data yang ada, terutama data data yang berhubungan dengan ekonomi atau finansial sebuah perusahaan. Nah, data yang terkumpul tersebut kemudian akan menjadi sebuah informasi yang penting yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan ke depan. Dengan laporan akuntansi yang detail dan jelas, maka pihak perusahaan pun dapat mempertimbangkan dengan baik dan matang mengenai langkah apa yang sebaiknya diambil ke depannya apabila memang dibutuhkan.


4) Menekan Biaya Jasa dan Produksi sebuah Perusahaan

Tahukah anda bahwa sebuah perusahaan dengan penjualan yang tinggi belum berarti perusahaan tersebut akan untung? Hal ini karena penjualan yang tinggi memang akan meningkatkan omset untuk perusahaan, namun di lain sisi biaya untuk pengeluaran pun akan meningkat. Misalnya biaya produksi, distribusi, dan lain sebagainya. nah, akuntansi akan memberikan data yang mendetail mengenai hal ini, termasuk dana untuk produksi mana yang bisa dikurangi dan lain sebagainya. Tentu cara ini bisa membuat anda menekan biaya produksi dengan baik untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.


Intinya, kita berbicara mengenai efisiensi yang bisa dilakulan semaksimal mungkin karena efisiensi ini akan berdampak sangat baik terhadap pendapatan yang bisa diperoleh oleh sebuah perusahaan.


5) Menyediakan Informasi yang Akurat

Menyediakan informasi yang sangat akurat dan real time tentunya. Akuntansi akan menyediakan informasi yang akurat mengenai detail keuangan atau keadaan ekonomi sebuah perusahaan. Hal ini terlebih lagi apabila akuntansi dilakukan atau dibuat setiap hari secara mendetail. Dengan akuntansi yang dibuat secara professional seperti ini, maka sharing knowledge sebuah perusahaan pun akan meningkat. Selain itu, perusahaan pasti akan lebih mudah maju dan berkembang karena menggunakan data yang selalu akurat.


Mengingat pentingya akuntansi tersebut, maka sudah kewajiban bagi anda selaku pemilik usaha untuk membuat sistem akuntansi yang baik dan modern sehingga menghindari human error atau kesalahan yang dibuat oleh manusia. Selain itu, sangat penting pula untuk memilih akuntan yang professional dan ahli sehingga laporan akuntansi dapat dengan tepat.


Leukeun Accounting salah satu software yang dapat membantu dan memudahkan anda dalam mencatat semua data keuangan bisnis anda dengan tepat, cepat dan akurat. Leukeun tidak hanya menyediakan sistem Akuntansi saja, Leukeun juga menyediakan tenaga kerja yang kompeten dalam pengerjaan sistem Akuntansi yang akan semakin memudahkan dan meningkatkan perusahaan anda.informasi lebih lanjut kunjungi website kami di:www.Leukeun.com