Yuk Simak!! 7 Cara Menyesuaikan Gaji Karyawan dengan Tepat

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Ada banyak alasan yang mempengaruhi keputusan perusahaan untuk melakukan penyesuaian gaji karyawan. Setiap perusahaan pun memiliki standar penilaian masing-masing sebelum memutuskan untuk menyesuaikan gaji karyawan mereka.

Secara umum, perusahaan memiliki beberapa faktor pertimbangan dalam melakukan penilaian dasar untuk penyesuaian gaji karyawan yang dapat dilihat di bawah ini:

1. Perhatikan Upah Minimum Regional (UMR)

Cara ini perlu dilakukan apabila Anda sedang mencari calon karyawan fresh graduate untuk posisi-posisi tertentu di perusahaan Anda. Anda perlu mencari tahu UMR yang ditetapkan oleh pemerintah setiap tahunnya, sebab UMR selalu berubah setiap tahunnya, berdasarkan kenaikan biaya hidup di setiap wilayah. Memberikan gaji di bawah UMR akan memberikan nama buruk bagi perusahaan Anda dan Anda juga akan kesulitan menemukan karyawan dengan kriteria yang Anda inginkan.


2. Riset Gaji untuk Posisi yang Sama di Perusahaan Lain

Selain memperhatikan UMR, Anda juga perlu melakukan riset mengenai gaji untuk posisi-posisi tertentu yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan lain di industri yang sama. Pastikan gaji yang anda tawarkan tidak terlalu rendah dibandingkan gaji yang ditawarkan oleh kompetitor Anda, agar karyawan yang Anda cari lebih memilih untuk bekerja pada Anda dibandingkan kompetitor Anda. Anda bisa melakukan riset ini di berbagai situs lowongan kerja dan karier seperti JobStreet atau LinkedIn.


3. Tentukan Gaji Karyawan Berdasarkan Posisinya

Anda perlu menyadari bahwa posisi atau job role karyawan berpengaruh pada seberapa besar gaji yang pantas mereka terima. Gaji karyawan entry-level tentu saja berbeda dengan gaji karyawan dengan posisi manajerial. Manajer atau supervisor memiliki lebih banyak tanggung jawab ketimbang mereka yang bekerja pada posisi entry-level. Jika Anda ingin mempromosikan atau menaikkan jabatan karyawan Anda, pastikan bahwa Anda menawarkan gaji yang pantas sesuai dengan posisi baru karyawan Anda tersebut.


4. Sesuaikan Gaji Karyawan dengan Beban Kerjanya

Selain berdasarkan posisi, Anda juga perlu menyesuaikan gaji karyawan Anda berdasarkan workload mereka. Meskipun jabatan mereka tidak berubah, bukan berarti mereka tidak pantas mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Coba Anda teliti lagi, apakah beban kerja mereka bertambah pada periode saat ini atau tidak. Jika Anda belum ingin menaikkan gaji tetap mereka, setidaknya Anda menentukan uang lembur untuk mereka yang bekerja lebih lama di kantor akibat penambahan beban kerja.


5. Petimbangkan Masa Kerja Karyawan

Pengalaman atau masa kerja karyawan Anda juga perlu dipertimbangkan. Ini berlaku baik untuk karyawan baru dan karyawan lama. Coba Anda posisikan diri Anda sebagai karyawan. Bayangkan Anda telah bekerja selama bertahun-tahun di perusahaan yang sama tanpa adanya kenaikan gaji. Tentu Anda akan memilih untuk bekerja di perusahaan lain yang menawarkan gaji yang lebih tinggi untuk posisi Anda saat ini, bukan?


Karyawan merupakan aset perusahaan yang memiliki peran penting dalam perkembangan bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda harus mampu mempertahankan karyawan yang telah sukses berkontribusi pada bisnis Anda. Salah satu cara yang paling efektif yakni dengan memberikan gaji yang sesuai.


6. Perhitungkan Pencapaian Karyawan

Apakah Anda memiliki karyawan dengan performa luar biasa yang telah memberikan kontribusi besar bagi perusahaan Anda? Jika ya, maka karyawan tersebut berhak mendapatkan gaji yang lebih tinggi dari yang ia dapat yang sebelumnya. Ini tentunya akan memotivasi mereka untuk lebih berprestasi lagi. Jika Anda belum bisa menaikkan gaji tetap untuk mereka (misalnya, dikarenakan masa kerja yang belum terlalu lama), Anda tetap bisa memberikan mereka bonus.


7. Gunakan Sistem Manajemen HR

Untuk memudahkan penentuan dan penyesuaian gaji karyawan Anda, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan sistem manajemen HR. Sistem ini dibuat untuk menyederhanakan manajemen HR di perusahaan Anda, termasuk pengelolaan gaji karyawan. Permudah manajer HR Anda dalam mengevaluasi kinerja karyawan dan menentukan gaji mereka berdasarkan hasil evaluasi tersebut. Penghitungan dan pendistribusian gaji bulanan beserta bonus pun menjadi transparan dan sangat mudah dilakukan.


Dengan teknologi yang semakin maju saat ini, penyesuaian gaji karyawan bisa dibantu dengan software canggih yang bernama Leukeun Payroll. Leukeun payroll merupakan salah satu software payroll yang mempermudah Anda dalam mengelola administrasi karyawan dan melakukan proses payroll lebih mudah dan cepat. Informasi lebih lanjut kunjungi website kami di:www.Leukeun.com