PERKEMBANGAN ACCOUNTING SAAT INI YANG HARUS ANDA KETAHUI

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Saat ini, banyak akuntan profesional yang takut akan kemajuan teknologi. Data yang besar serta sistem canggih berpotensi mengambil alih fungsi akuntansi. Sebenarnya, ‘pengambilalihan’ tersebut memang sudah berlangsung, namun tetap saja, fungsi akuntansi sendiri masih menjadi bagian besar dalam bisnis di saat kemajuan teknologi berkembang semakin kompleks dan laju perubahan meningkat. Lalu, bagaimana masa depan akuntansi di masa yang akan datang?

1.            Akuntansi Akan Menjadi Lebih ‘Langsing’ dan Pekerjaan Diambil Alih oleh Sistem

Sistem yang bekerja secara otomatis dan mudah diakses oleh pekerja akan memudahkan proses akuntansi. Tak perlu ada bagian akuntansi yang menghitung pengeluaran dan pemasukan secara manual. Pekerjaan tersebut akan diambil alih oleh sistem sehingga bagian akuntansi akan lebih ‘langsing’ dengan jumlah karyawan yang lebih efisien. Dengan demikian, pengeluaran jadi dapat ditekan.

2.            Pengguna Akuntansi Berbasis Cloud Akan Meningkat

Perubahan kondisi sosial juga berimbas pada keadaan akuntansi itu sendiri. Pebisnis, baik UKM atau pebisnis besar sekalipun, pasti ingin agar data dan informasi dapat diakses secara mudah dari perangkat mobile mereka. Dari sini, permintaan akuntansi berbasis cloud akan meningkat tajam. Kemudahan demi kemudahan yang ditawarkan oleh akuntansi berbasis cloud akan membuat sistem akuntansi jadi lebih disukai oleh para pengguna. Anda bisa menggunakan Leukeun Accounting untuk mewujudkan kemudahan tersebut!

3.            Laporan Akuntansi Akan Lebih Kredibel

Aplikasi akuntansi membantu penggunanya untuk menemukan angka pasti dan terhindar dari kesalahan data yang mungkin saja dilakukan oleh manusia atau biasa kita sebut sebagai human error. Dengan begitu, laporan akuntansi akan lebih kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan berdasarkan data-data yang ada.

 

Selain itu, sistem-sistem pada aplikasi akuntansi akan membantu perusahaan untuk menganalisis data dan berbagai metrik. Hal ini akan membantu para petinggi untuk menentukan rencana ke depannya. Saat ini, sangat jarang akuntan yang memiliki skill seperti ini dan dengan mudahnya akan diambil alih oleh penggunaan aplikasi akuntansi berbasis cloud.

4.            Bekerja di Luar Kantor Akan Jadi Hal yang Biasa

Dunia akan lebih global dan tanpa batasan, begitu juga jam kerja. Akuntan akan dengan mudah mengakses data dan informasi yang diperlukan tanpa perlu ke kantor. Semuanya tersimpan dalam cloud yang dapat diakses dengan mudah. Bekerja akan dapat dilakukan baik di dalam maupun di luar kantor, bahkan di rumah sekalipun. Akan lebih mudah bagi akuntan untuk bekerja lebih efisien dan efektif tanpa perlu masalah. Hujan badai atau macet sekalipun tak akan jadi halangan bagi mereka untuk bekerja. Jam kerja jadi lebih fleksibel.

Itulah beberapa pandangan tentang masa depan akuntansi beberapa tahun yang akan datang. Leukeun Accounting sebagai software akuntansi yang dapat membantu Anda dengan penggunaan termudah, menawarkan free trial kepada Anda. Daftarkan perusahaan Anda sekarang!

 

Lalu, apakah Anda sudah siap untuk menghadapi keadaan tersebut? Seperti yang kita tahu, perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang mampu beradaptasi dengan baik. Jadi, sudah siapkah Anda?