3 Dampak Buruk Yang Terjadi Apabila Menggunakan Software Payroll Manual

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Sebuah perusahaan yang baik tidak hanya ditunjang oleh karyawan yang hebat dan sistem perusahaan yang maju. Di dalamnya tak bisa lepas dari sebuah sistem yang menunjang kehidupan para karyawannya

sistem pembayaran gaji yang baik merupakan aktivitas operasional yang berulang sehingga membutuhkan otomatisasi agar perusahaan bisa lebih fokus ke hal-hal strategis lainnya.  Selain itu, menggunakan sistem manual pada perhitungan gaji juga memiliki beberapa kekurangan yang bisa menjadi efek kecil yang menjadi besar pada proses bisnis Anda kedepannya. Berikut 3 dampak buruk yang terjadi apabila menggunakan software payroll Manual:

1)      Waktu Pembayaran Telat

Hal paling umum yang terjadi dari kesalahan sistem payroll manual adalah waktu pembayaran yang tergolong sering mengalami keterlambatan. Efek dari keterlambatan pembayaran ini pun tentu dapat berimbas terhadpa branding dari perusahaan di mata karyawannya. Hal terebut pun tentu akan berpengaruh terhadap kualitas dari kinerja para karyawan yang sudah sering kecewa terhadap waktu pembayaran dari perusahaan.

 

2)      Jumlah Penerimaan Berbeda

Sistem dari payroll manual cenderung memiliki potensi untuk menimbulkan human error. Umumnya HRD kerap kali melakukan kesalahan perhitungan dalam penulisan upah hingga kerap menghasilkan selisih dengan bulan-bulan atau minggu sebelumnya. Jumlah penerimaan yang berbeda ini tentu dapat membuat citra dari perusahaan yang jelek di mata para karyawan dan mungkin dapat mempengaruhi kinerja dari para karyawan tersebut.

 

3)      Tidak Akurat

Gangguan yang sering dirasakan oleh kesalahan sistem tersebut adalah adanya pengaruh terhadap laporan keuangan dan perhitungan pajak yang hasilnya menjadi tidak akurat. Bagi perusahaan, tentu hal ini dapat menjadi efek negative yang bisa terjadi dikemudian hari. Itulah mengapa penting bagi sebuah perusahaan untuk memiliki sistem yang akurat dengan cara otomatis.

 

Itulah tadi ulasan singkat tentang kelemahan yang kerap kali terjadi dari sistem payroll manual. Dalam perhitungan dari pembayaran upah terhadap karyawan memang bukanlah hal yang mudah karena membutuhkan ketelitian dan juga ketepatan agar menghindari risiko dari kerugian perusahaan. Disinilah peran Leukeun.com hadir untuk membantu perusahaan agar menghindari risiko tersebut. Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda dapat langsung mengunjungi kami di: www.Leukeun.com