Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Sistem Point of Sale (POS) adalah jalur komunikasi terakhir antara Anda dan pelanggan. Maka, pada kesempatan terakhir ini adalah waktu yang tepat untuk membuat kesan sebaik mungkin. Jadi, setiap Sistem POS yang Anda pilih akan menjadi faktor penentu besar dalam keputusan pelanggan apakah akan menjadi pelanggan tetap atau tidak.

 

Sistem POS saat ini menjadi lebih dari sekedar alat bantu penjualan. Sistem POS dengan segala perkembangannya sudah menjadi alat yang canggih untuk dapat meningkatkan pelayanan pelanggan dan juga meningkatkan gengsi perusahaan Anda. Apakah benar demikian? Berikut lima alasannya.

 

1)      Menyederhanakan Proses Penjualan

Membuat pelanggan menunggu adalah salah satu hal yang harus dihindari. Karena akan dapat menimbulkan efek lanjutan yang bisa saja tidak mengenakan. Tidak ada pelanggan yang mau menunggu. Dan Anda tentu tidak ingin mereka harus menunggu.

Salah satu cara sistem POS yang komprehensif dapat membuat pelanggan Anda tetap gembira adalah dengan mempertahankan standart operasi yang berkesinambungan yaitu, membuat transaksi menjadi lebih mudah dengan masa tunggu yang minimal. Fitur seperti barcode scanner, pembayaran non tunai online, mobile POS adalah salah satu solusi untuk mengindari panjangnya antrian di kasir.

 

Selain itu, Sistem POS yang terintegrasi dengan inventory management system akan sangat memudahkan kasir untuk mencegah kesalahan pencatatan stock, harga dan lain sebagainya hal-hal tersebut merupakan salah satu usaha dibelakang layar yang pasti akan sangat dihargai oleh pelanggan.

 

2)      Memberikan Benefit pada Pelanggan

Sistem POS akan menyimpan data pelanggan secara rinci. Lalu apa yang bisa kita lakukan dengan hal ini? Sistem POS yang komprehensif akan memungkinkan Anda memanfaatkan informasi pelanggan dengan program loyalitas pelanggan. Anda dapat mengumpulkan info pembelian pelanggan berulang dan memberikan mereka poin yang dapat ditukarkan hadiah tertentu.

Sistem POS juga akan menyimpan data pelanggan untuk referensi di masa mendatang. Informasi akan pelanggan selalu menghasilkan bisnis yang lebih baik, dan Sistem POS membantu Anda mengubah informasi itu menjadi hasil yang dapat ditindaklanjuti seperti menghasilkan insentif penjualan dan membangun basis konsumen loyal.

 

3)      Meningkatkan Interaksi dengan Pelanggan

 

Sebesar apa pun program loyalitas yang dibangun berdasarkan data pelanggan, Sistem POS terbaik adalah sistem yang memberi Anda pengawasan bisnis serta informasi pelanggan.

Ketika staf penjualan memiliki akses tentang produk dan tingkat persediaannya, staf penjualan akan memiliki peluang lebih besar untuk membuat pelanggan tetap terlibat dan melakukan penjualan. Mengapa? Karena pengawasan persediaan dapat mengurangi pekerjaan melelahkan untuk mengecek persediaan dan lebih fokus untuk memberikan perhatian kepada pelanggan.

 

4)      User Friendly

Pertimbangan lain penggunaan Sistem POS adalah tampilan yang user friendly. Hal ini penting, kita boleh fokus kepada pelanggan tapi jangan pernah melupakan tim yang ada di toko. Seorang staf yang merasa didukung oleh infrastruktur perusahaannya adalah staf yang bahagia dan memperlakukan pelanggannya dengan baik dan hormat.

 

Jelas, aturan utama dari interaksi ke pelanggan adalah sopan dan ramah serta tidak membawa masalah pribadi mereka dalam hal pelayanan kepada pelanggan. Sistem POS yang tidak user friendly dengan proses yang panjang akan membuat staff penjualan kewalahan. Sistem POS yang dirancang dengan baik dan mudah operasikan seperti Leukeun POS yang mengintegrasikan POS dengan inventory dapat memungkinkan karyawan untuk menjalankan bisnis dengan mulus.

 

5)      Teknologi Terbaru

Bayangkan Anda mengoperasikan sebuah Sistem POS yang hanya berfungsi benar-benar sebagai mesin kasir. Tidak memiliki akses ke persediaan, tidak memiliki data pelanggan, mungkin awalnya Anda akan merasa tidak masalah namun dengan semakin berkembangnya bisnis Anda maka semua itu akan menjadi kendala. Karena banyak informasi yang seharusnya dapat digunakan untuk mendukung bisnis menjadi lebih besar lagi melalui Sistem POS dengan teknologi terbaru.