5 CARA MENABUNG PALING EFEKTIF TANPA BEBAN

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Menabung adalah salah satu istilah yang terdengar simple, namun, pada dasarnya sungguh teramat sulit dilakukan oleh sebagian besar orang. Maka, butuh tips menabung yang paling efektif untuk bisa menerapkannya. Apakah kalian termasuk yang kesulitan untuk menabung?

 

Ada banyak faktor yang menyebabkan menabung sulit dilakukan. Bisa karena gaji minim, pengeluaran tinggi, gaya hidup, atau kesalahan manajemen keuangan yang menyebabkan penghasilan selalu habis begitu saja tanpa ada tabungan.

 

Semua faktor tersebut sebenarnya bisa ditekan atau dihilangkan, asalkan anda bisa menerapkan tips menabung yang benar dan efektif. Menabung juga tidak akan terasa berat, meskipun pendapatan terbilang minim. Nah, berikut ini ada tips menabung yang dapat kalian coba terapkan dalam manajemen keuangan saat ini:

 

1)      Buat Anggaran

Tips menabung pertama dan bisa dibilang paling penting untuk dilakukan adalah membuat anggaran. Kalian bisa membuat anggaran mingguan atau bulanan. Dengan adanya anggaran yang jelas, beberapa pengeluaran yang tidak begitu penting bisa dikurangi atau diminimalisir.

 

2)      Simpan Uang Kembalian di Toples

Uang kembalian tidak jarang berupa receh, entah itu sisa belanja ataupun kembalian pembayaran. Biasanya, berapa pun uang kembalian ini berakhir ludes atau malah raib karena lupa menaruh. Tanpa sadar, hal ini justru berakibat pada pemborosan dan jauh dari tips menabung yang tepat.

 

Cara menabung yang benar bisa kalian lakukan dengan menyimpan uang kembalian tersebut dalam satu wadah khusus seperti toples atau celengan. Uang kembalian ini jika terus dikumpulkan juga akan menjadi banyak. Dengan tips menabung seperti ini, siapa tahu ShopBackers bisa menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan lain.

 

3)      Menabung Otomatis

Momen gajian adalah hal yang paling dinantikan setiap bulannya. Terkadang, pemborosan tanpa sadar dilakukan saat gajian. Akhirnya, belum sampai akhir bulan, uang sudah ludes dan tidak ada dana yang akan ditabung.

 

Untuk mencegah kondisi keuangan seperti itu, sebaiknya kalian terapkan tips menabung yang benar. Salah satunya dengan menabung secara otomatis saat gajian tiba.

 

Tips menabung ini bisa ShopBackers lakukan secara otomatis lewat bank tempat menyimpan dana. Dengan begitu, ShopBackers bisa menabung sebagian dana setiap bulannya.

 

Jika gajian kalian dari kantor berupa uang tunai, maka, bisa meminta tolong kepada atasan atau bos untuk langsung menyetor sebagian gaji dengan cara transfer otomatis ke rekening tabungan. Tips menabung ini terbilang efektif dan bisa ShopBackers coba.

 

4)      Pisahkan Rekening Tabungan

Kebanyakan orang hingga saat ini masih saja memiliki satu rekening bank. Hal ini akan mempersulit diri melakukan save money. Maka, bagi kalian yang hendak menabung, ada baiknya membuat rekening tabungan sendiri yang terpisah dari rekening untuk kebutuhan harian.

 

Tips menabung satu ini akan membantu kalian untuk bisa memiliki dana simpanan berupa tabungan yang bisa dijadikan dana darurat di masa depan.

 

 

5)      Menabung 10 Persen dari Penghasilan

Tips menabung selanjutnya adalah menyisihkan 10 persen dari gaji setiap bulan untuk tabungan. Bahkan, jika bisa, kalian dapat menyisihkan 20 persen gajian untuk menabung. Namun, angka 10 persen itu sudah cukup bagus, kok.

 

Pada tips menabung satu ini, ShopBackers wajib menyisihkan 10 persen tersebut lebih dulu. Bukan menunggu jika ada sisa dari gaji yang kemudian ditabungkan. Sebab, menunggu sisa gaji pada akhirnya justru tidak akan sesuai.

 

Misal, gaji tiap bulan Rp5 juta, maka per bulan sudah tersimpan Rp500.000,- di rekening tabungan. Tips menabung efektif ini tentu akan cocok diterapkan oleh siapa saja yang selama ini sulit menabung.