5 Cara Mengelola Manajemen Bisnis Ritel untuk Pengusaha

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Tak bisa dipungkiri bahwa bisnis ritel adalah tipe bisnis yang paling banyak diminati masyarakat Indonesia. Dari berbagai kalangan, mulai dari rakyat biasa, artis terkenal hingga para pejabat pun tergiur akan keuntungan yang dijanjikan oleh bisnis ritel. Sayangnya, kebanyakan yang masih awam bagaimana menjalankan manajemen bisnis ritel yang baik.

 

Akibatnya, sebagian besar pebisnis ritel ini berujung merugi pada tahun pertamanya. Padahal jika mau mendalami seperti apa manajemen bisnis ritel ini, ada beberapa tips sederhana yang bisa anda aplikasikan untuk memudahkan anda menjalankan usaha ritel anda. Mari kita mulai dari yang paling sederhana, yakni mengenai barcode barang dagangan.

 

1.       Beri kode pada barang dagangan

Para pemula sering meremehkan pentingnya pemberian kode pada setiap barang dagangan. Alasannya ada saja. Seperti misalnya karena makan waktu dan tenaga, serta jumlah barang di gudang yang tak begitu banyak.

 

Padahal ada banyak sekali manfaat dari pemberian kode khusus tersebut dari aspek manajemen bisnis ritel. Salah satunya adalah mencegah kebingungan saat mengidentifikasi mana stok lama dan baru.

 

Tanpa adanya kode, bisa jadi barang yang anda keluarkan dari gudang adalah barang yang baru datang. Sementara stok lama anda terus tersimpan di gudang sampai dengan masa kadaluarsanya berakhir.

 

2.       Kelola gudang penyimpanan dengan baik

Aspek manajemen bisnis ritel berikutnya adalah pengelolaan gudang yang apik. Manajemen gudang yang baik akan sangat membantu operasional bisnis ritel anda. Dengannya, arus keluar masuk barang di gudang anda akan menjadi lebih lancar.

 

Manfaat lainnya yang bisa dipetik dari mengelola gudang penyimpanan dengan baik adalah keamanan staf gudang anda. Penempatan barang yang baik dan benar mampu menghindarkan karyawan anda dari kecelakaan.

 

3.       Catat setiap transaksi dengan detil dan lengkap

Setiap transaksi yang terjadi di toko ritel anda haruslah dicatat secara lengkap. Jika tidak, maka sudah pasti anda yang akan rugi. Bayangkan berapa jumlah kerugian yang anda terima jika setiap hari ada satu atau dua barang yang tak tercatat transaksinya.

 

Mungkin tak masalah jika barang yang tak tercatat tersebut harganya murah. Namun apa jadinya jika satu barang tersebut harganya ratusan ribu hingga jutaan rupiah?

 

Itulah sebabnya pengusaha ritel mulai banyak yang menggunakan sistem POS. Ini mereka lakukan untuk memperbaiki manajemen bisnis ritel mereka. Dengan sistem POS, setiap transaksi bisa tercatat dengan lengkap. Selain itu, sistem POS terbukti ampuh menghindari kecurangan yang mungkin dilakukan staf kasir anda.

 

4.       Cek setiap barang yang masuk dan keluar gudang

Sama seperti di mesin kasir, arus barang dari dan keluar gudang juga harus perusahaan awasi dengan seksama. Tanpa adanya pengawasan, pencurian kerap terjadi di area gudang yang bisa terjadi karena pihak eksternal atau internal sekalipun.

 

Tak hanya itu saja, pengecekan barang yang masuk ke gudang berguna sebagai filter barang rusak masuk ke dalam gudang anda. Dengan cara ini, anda terhindar dari potensi kerugian saat menjual barang dagangan anda di toko.

 

5.       Jalankan stok opname dari waktu ke waktu

Stok opname adalah salah satu proses manajemen bisnis ritel yang wajib anda jalankan. Proses ini berguna untuk mengecek ketersediaan barang, lengkap dengan kondisi barang tersebut di gudang. Hasil dari stok opname ini kemudian akan mencocokkan dengan data persediaan dari stok opname sebelumnya.

 

Seringkali, proses stok opname akan memakan waktu yang sangat lama. Tak jarang hingga berhari-hari lamanya jika jumlah barang di gudang mencapai ribuan jumlahnya. Ini sebabnya pebisnis ritel beralih menggunakan sistem manajemen gudang.

 

Dengan bantuan sistem ini, stok opname bisa dijalankan dengan lebih cepat dan mudah. Dari yang sebelumnya makan waktu berhari-hari menjadi beberapa jam saja.

 

Kesimpulan

Mengelola bisnis ritel memang penuh dengan tantangan namun menaklukannya bukan berarti hal yang mustahil. Dengan bantuan alat yang tepat, anda bisa menjalankan manajemen bisnis ritel dengan lebih tertata dan membantu mengembangkan bisnis ritel anda menjadi lebih maju.