6 Cara Efektif Dalam Mengelola Hutang Dalam Bisnis

 Hutang memang sangatlah membantu bagi setiap Anda yang menjalankan sebuah usaha. Namun meskipun hutang dapat membantu Anda dalam memenuhi setiap keperluan usaha Anda, adakalanya memiliki hutang dalam jumlah yang sangat besar juga dapat meberikan resiko terhadap perusahaan Anda, bahkan usaha yang Anda jalani akan bangkrut akibat hutang usaha yang Anda miliki.

Sebaiknya kelola uang tersebut menjadi sebuah pokok dimana Anda dapat mengembalikan hutang tersebut dan mendapatkan modal dari apa yang sudah ada pinjam sebelumnya, sehingga hutang yang Anda miliki tidak menjadi sebuah beban ataupun kerugian bagi Anda. Berikut 6 cara Efektif dalam mengelola hutang bisnis Anda :


Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 1)      Melakukan Perencanaan Matang

Mengelola hutang seharusnya dilakukan sejak sebelum Anda mengajukan hutang. Rencanakan sematang mungkin untuk mengetahui jumlah modal yang dibutuhkan, hal-hal apa saja yang akan menggunakan biaya dari hutang, dan lain sebagainya. Jangan lupa mempertimbangkan kemampuan Anda dalam melunasi hutang tersebut. Lakukan perhitungan serealistis mungkin dengan melibatkan seluruh risiko dari rencana bisnis Anda. Pihak pemberi hutang pun pasti ingin mendapat kepastian bahwa dana yang mereka pinjamkan akan dilunasi sesuai dengan jatuh tempo yang disepakati. Oleh sebab itu, lakukan perencanaan yang matang.

 

2)      Harus Berdasarkan Kebutuhan Saat Ini

Hutang merupakan langkah terakhir yang biasanya ditempuh apabila seorang pebisnis sudah kehabisan modal. Tentunya hal tersebut juga dilakukan berdasarkan kebutuhan bisnisnya kini. Anggap saja saat ini suku bunga sedang turun. Anda pun tergiur untuk mengajukan pinjaman dana ke bank padahal sedang tidak begitu membutuhkannya. Hal tersebut hanya akan membuat Anda mencari-cari alasan untuk tetap melakukannya. Misalnya, membeli komputer untuk kantor dengan alasan untuk menghindari kenaikan harga tahun depan. Padahal, hal tersebut hanya akan menambah daftar hutang.

 

3)      Hutang Jangka Pendek atau Jangka Panjang?

Jenis hutang yang tepat akan sangat membantu Anda dalam pelunasannya nanti. Secara umum, hutang untuk bisnis terbagi menjadi dua jenis, yakni hutang jangka pendek dan hutang jangka panjang. Jangan sampai Anda mengambil hutang jangka pendek padahal yang dibutuhkan adalah hutang jangka panjang. Hal tersebut bisa menimbulkan keuangan karena uang yang ada tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan. Alhasil, Anda pun “terpaksa” untuk melakukan keputusan yang tidak perlu, seperti menjual aset bisnis, demi memenuhi keperluan perusahaan.

 

4)      Hitung Jumlah Hutang yang Dimiliki

Peminjaman hutang harus segera dilunasi agar bisnis Anda tidak memiliki beban finansial. Nah, agar bisa segera keluar dari jeratan hutang, Anda harus memiliki gambaran jelas tentang kondisi keuangan bisnis Anda. Kumpulkan seluruh tagihan Anda, mulai dari pinjaman dana dari bank, kartu kredit, investor, dan lain sebagainya. Jumlahkan seluruhnya untuk mengetahui total utang yang dimiliki bisnis Anda saat ini. Tuliskan pula jatuh tempo pelunasan hutang-hutang tersebut. Setelah itu, hitung besar cicilan per bulan yang harus Anda bayar untuk melunasinya.

 

5)      Buat rencana Pelunasan Hutang

Demi mengembangkan bisnis, beberapa dari Anda mungkin harus berhutang ke lebih dari satu pihak. Apabila Anda juga mengalami hal ini, mulailah membuat rencana untuk melunasi utang dengan jumlah paling sedikit. Tentunya Anda juga perlu mempertimbangkan jatuh tempo pelunasan utang yang telah disepakati. Tentukan target pribadi untuk mendapatkan dana pelunasan utang, jauh-jauh hari sebelum waktu jatuh tempo datang. Motivasi diri Anda sendiri bahwa semakin cepat utang terlunasi, semakin cepat pula bisnis Anda akan terbebas dari beban finansial.

 

6)      Perhatikan Rasio Keuangan

Semakin banyaknya kebutuhan bisnis yang harus dipenuhi membuat Anda mau tak mau kembali mengajukan utang. Hal tersebut sah-sah saja dilakukan, tetapi pastikan agar rasio utang dan aset Anda tidak lebih dari 50%:30% dari pendapatan. Jangan sampai angka tersebut bergeser ke angka yang lebih besar. Karenanya, terus lakukan pengecekan finansial secara rutin. Catat setiap pemasukan dan pengeluaran. Kelola cash flow dengan baik. Dengan begitu, ketika catatan finansial menunjukkan adanya pembengkakak pada rasio tersebut, Anda bisa segera mengambil tindakan.

 

Sebenarnya, menghitung rasio keuangan dan juga melakukan pencatatan transaksi mudah untuk dilakukan. Bagaimana caranya? Anda dapat menggunakan sebuah software akuntansi yang memang dibuat untuk manajemen UKM, seperti Leukeun accounting.

 

Salah satu software akuntansi yang dapat Anda andalakan adalah Leukeun. Leukeun merupakan software accounting yang terbaik. Dengan menggunakan Leukeun accountimh semua hasil dan kemudahan yang Anda harapkan dalam perhitungan keuangan perusahaan pasti akan didapatkan. Temukan penawaran menariknya di sini hanya untuk Anda.  Informasi lebih lanjut kunjungi website kami di:www.Leukeun.com