Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Dalam perjalanan mengejar target, banyak faktor yang harus diperhatikan. Salah satu yang terpenting yakni kinerja karyawan atau personil. Tak jarang karyawan dituntut untuk produktif dengan kinerja terbaiknya demi menggapai goal perusahaan, akan tetapi perusahaan kurang memperhatikan hal-hal apa saja yang justru mempengaruhi kinerja karyawannya.

 

Satu hal yang pasti, perusahaan tentu ingin menggapai goal-nya dengan kinerja karyawan-karyawannya yang optimal pula. Simak dulu beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan berikut ini.

1.       Lingkungan Kerja

Hal pertama yang harus diperhatikan oleh perusahaan adalah lingkungan kerja, yang sangat berpengaruh pada keoptimalan kerja. Pasalnya kondisi tempat kerja yang sehat akan memberikan efek positif pada psikologi karyawan.

Sehingga perhatikan setiap aspek seperti pencahayaan, sirkulasi udara pada ruangan yang ditempati, seperti tempat ibadah, toilet, pantry hingga ruang istirahat untuk karyawan.

 

2.       Sarana dan Prasarana

Faktor yang tidak kalah penting lainnya selain lingkungan kerja adalah tersedianya sarana dan prasarana yang dapat menunjang kinerja karyawan. Selalu perhatikan apakah fasilitas yang ada masih dapat berfungsi dengan baik, atau perlu perbaikan hingga pergantian.

 

Dalam konteks ini beberapa contoh sarana dan prasarana umum di berbagai tempat kerja seperti pengatur suhu ruangan, peralatan kerja, tempat parkir, toilet dan ruangan fungsional. Karena perlu diingat jika tidak memadai, maka ada kemungkinan untuk karyawan mencarinya di luar tempat kerja.

 

Jika memang belum memungkinkan untuk memberikan fasilitas ini, ada baiknya unutk mengomunikasikan kepada karyawan terkait.

 

3.       Tanggung Jawab dan Pembagian Tugas

Sangat penting untuk setiap karyawan mengetahui tugas, peran mereka masing-masing. Karena dengan adanya pembagian yang jelas maka alur pekerjaan dan skala prioritas akan berjalan lebih mudah. Hal ini juga sangat berpengaruh bagi perusahaan yang memiliki jumlah karyawan dalam jumlah besar

 

Perlu diketahui juga jika pemberian tugas kepada karyawan harus sesuai, karena bukan tidak mungkin jika kurang tepatnya pendelagsian tugas akan membuat kinerja pekerjaan menurun, atau tidak maksimal. Namun agar lebih maksimal gunakan aplikasi manajemen karyawan GreatDay HR yang hadir untuk membantu setiap perusahaan di Indonesia.

 

4.       Cara Komunikasi

Menjadi unsur penting dalam dunia kerja bukan saja memperlancar penyampaian pesan, namun juga memengaruhi motivasi kerja, daan menjauhkan konflik yang mungkin terjadi dalam sebuah perusahaan. Komunikasi karyawan juga menjadi kunci suksesnya perusahaan agar dapat menghasilkan produk yang baik.

 

Selain itu setelah komunikasi perusahaan dengan karyawan terjalin dengan baik, maka setiap tujuan dan target perusahaan akan ikut terbangun.

 

5.       Gaya Kepemimpinan

Seorang leader diumpamakan sebagai seorang nahkoda yang memimpin kapal, yang dimana setiap keputusannya akan sangat berpengaruh pada kelangsungan kapal.

 

Namun di samping bagaimana seorang pemimpin dapat mengambil keputusan yang tepat, perlu juga diketahui kalau setiap orang memiliki karakter dan gaya memimpinnya masing-masing, yang ternyata juga ikut memberikan pengaruh kepada kinerja karyawan. Sehingga tidak bisa dihindari juga jika tidak selalu ada kecocokan antara pemimpin dan karyawan

 

 

6.       Career Development

Sangat penting untuk memberikan pengembangan diri bagi karyawan, karena pasalnya ini akan memberikan kepuasan terhadap karyawan di saat sekarang dan masa depan. Selain itu career development juga berguna untuk meningkatkan performa pekerjaan, meningkatkan loyalitas, serta mendorong motivasi karyawan. Bagi perusahaan sendiri, hal ini sangat berguna agar Anda memiliki karyawan yang handal dalam setiap pekerjannya.

 

7.       Bonus dan Insentif

Tidak bisa dipungkiri kalau faktor penting dalam usaha untuk meningkatkan moitvasi dan kinerja karyawan itu juga ada dalam upah. Karena selain menerima gaji pokok dan tunjangan tetap, memberikan benefit kepada karyawan seperti bonus dan insentif juga memacu kinerja karyawan.

 

Untuk mempermudah pekerjaan bagian HR dalam menghitung bonus untuk para pekerjanya, manfaatkan software Leukeun payroll yang dapat membantu perusahaan untuk melakukan perhitungan gaji, uang lembur, THR; hingga BPJS, hingga PPh 21.

 

Selain itu dengan software ini semua aktivitas yang terkait dengan sumber daya manusia akan jauh lebih mudah dan efisien. Bermanfaat untuk setiap perusahaan yang berskala kecil maupun besar, tunggu apalagi ini saatnya untuk menjadi lebih baik bersama kami.