Beragam Jenis Toko Ritel Yang Dapat Menggunakan system POS

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Melihat dari beragam manfaat yang didapat dari menggunakan aplikasi POS, maka sudah menjadi keharusan untuk setiap pengusaha ritel menggunakan aplikasi untuk mendukung operasional toko, dan mendorong perkembangan bisnis kedepan. Berikut adalah ragam jenis toko ritel yang menggunakan aplikasi kasir dan fungsi khusus yang dibutuhkan dalam setiap jenis toko ritel tersebut.

 

1.       Aplikasi Kasir untuk Toko Ritel Minimarket, Warung Kelontong

Untuk ritel warung dan mini market yang harus menjadi perhatian adalah jumlah master barang yang bisa ditangani oleh sistem kasir yang ditawarkan. Selain jumlah jenis barang yang harus menjadi perhatian adalah jumlah transaksi mengingat transaksi di toko ritel minimarket dan warung bisa sangat besar dengan nilai transaksi yang secara umum kecil.

 

Kemampuan penggunaan alat pembaca barcode (barcode scanner) dari aplikasi POS menjadi satu keharusan pada aplikasi kasir yang dipilih agar transaksi bisa berjalan dengan cepat dan tidak membuat pelanggan menunggu.

 

2.       Aplikasi POS untuk Kedai Warung Kopi, Toko Roti, Restoran Cepat Saji, Counter Kuliner, Franchise Kuliner

Bisnis warung kopi yang terus tumbuh dengan sangat cepat dengan cara membuka banyak toko membuat anda membutuhkan kontrol terhadap toko-toko tersebut dengan mudah, cepat, dan akurat. Pertimbangan penting untuk memilih aplikasi POS untuk jenis ini adalah bagaimana sistem kasir tersebut bisa melakukan konsolidasi semua laporan-laporan transaksi.

Monitor pertumbuhan setiap toko dari penjualan, stok bahan baku, sampai kepada keuntungan kotor dan keuntungan bersih setiap toko dan secara total binis menjadi sangat penting untuk pengambilan keputusan. Laporan-laporan tersebut harus tersedia di aplikasi kasir secara online bisa diakses kapan saja dimana saja, untuk pengambilan keputusan segera untuk membuka toko baru, atau memutuskan toko yang tidak produktif.

 

Bisnis ritel kuliner atau makanan juga membutuhkan aplikasi Point of Sale yang dapat menghitung penggunaan bahan baku dan menghitung biaya harga pokok pembelian secara otomatis berdasakan resep atau formula. Dengan demikian anda dapat menganalisa sisa stok bahan baku sekaligus mendapatkan informasi keuntungan untuk setiap produk makanan yang terjual.

 

3.       Toko Ritel Fashion, Toko Baju, Sepatu, Kacamata dan Fashion lainnya

Pada toko ritel fashion seperti sepatu, baju, kacamata, perlengkapan olah raga dan lainnya, harus menjadi perhatian adalah jumlah master barang yang bisa ditangani oleh sistem POS yang ditawarkan. Hal ini mengingat toko ritel fashion memiliki karakteristik barang yang selalu baru mengikutin perkembangan jaman, karena itu tidak heran jika jumlah macam barang untuk jenis toko ini bisa mencapai puluhan ribu, ratusan ribu, bahkan dalam pengalaman kami sampai berjumlah jutaan jenis barang.

 

Kemampuan penggunaan alat pembaca barcode (barcode scanner) menjadi satu keharusan agar transaksi bisa berjalan dengan cepat dan tidak membuat pelanggan menunggu. Barcode scanner juga membantu anda agar tidak melakukan kesalahan pencatatan penjualan sehingga stok barang anda selalu akurat.

 

4.       Barbershop, Salon, Klinik dan Layanan Kecantikan.

Aplikasi kasir sangat diperlukan untuk jenis bisnis pelayanan/service seperti barbershop, salon, bisnis SPA kecantikan. Khususnya dalam fungsi kasir untuk mencatat team member yang melakukan pelayanan. Misalnya pada bisnis Salon, anda perlu mencatat nama team yang memberikan service untuk potong rambut, atau pengecatan rambut pada setiap transaksi, hal ini diperlukan agar anda dapat menganalisa performa setiap tim member anda dalam memberikan layanan/service.

Data ini juga diperlukan untuk menghitung pembagian komisi atau fee kepada team sesuai performa yang dilakukan.

 

5.       Restoran dengan Layanan Penuh

Jika anda memiliki restoran dengan layanan penuh, fungsi aplikasi POS untuk pengaturan order, Manajemen penggabungan order, pemisahan order, dan pembayaran menjadi sangat penting. Juga kemampuan untuk print order berberapa lembar untuk kebutuhan tagihan dan kebutuhan proses pembuatan makanan didapur.

 

6.       Layanan Jasa Professional seperti Jasa Fotographer, Jasa Digital Marketing

Dari beragam jenis usaha ritel, usaha layanan jasa professional ini adalah jenis yang masih tertinggal dalam melakukan mencatatan menggunakan sistem kasir. Hal ini mengingat transaksi yang terjadi tidak sering dan service yang diberikan tidak terlalu beragam.

Namum jenis usaha ini memiliki tantangan karena pada umumnya pembayaran tidak langsung dilakukan pada saat order diterima. Yang terjadi pelanggan akan memberikan uang muka, lalu setelah pengerjaan selesai, sisa pembayaran akan dilakukan. Karena itu diperlukan sistem yang membantu anda para penyedia jasa professional untuk mengingatkan mengenai waktunya untuk membuat tagihan, atau kapan waktu tagihan anda jatuh tempo. Sehingga dapat membantu arus kas anda lebih baik.

 

Demikian adalah beberapa fungsi utama aplikasi kasir yang dibutuhkan sesuai dengan jenis toko ritel atau usaha anda.