BISNIS YANG COCOK UNTUK ANAK MUDA

Di zaman sekarang ini mencari pekerjaan menjadi hal yang cukup sulit. Banyak anak muda yang masih berusaha dan belum mendapatkan pekerjaan. Sebagai alternatif dari sulitnya untuk mendapat pekerjaan tersebut, banyak anak muda yang mencoba melakukan bisnis untuk mendapatkan penghasilan. Minat anak muda untuk menjadi seorang pebisnis pun kini semakin tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari munculnya banyak bisnis usaha baru yang bergerak di berbagai bidang.

Odoo image and text block

 

Teknologi yang kini berkembang pesat juga dapat dimanfaatkan sebagai peluang berbagai usaha bisnis, seperti membuka toko dan jasa secara online. Bisnis usaha online tersebut dapat memudahkan serta memberikan peluang yang besar kepada anak muda yang ingin memulai bisnisnya. Bisnis usaha yang awalnya dimulai kecil-kecilan jika terus ditekunkan dapat berkembang menjadi sangat besar hingga menghasilkan banyak keuntungan dan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

 

Beriktu adalah bisnis usaha yang cocok untuk anak-anak muda saat ini:

 

1. Thrift Shop

Thrift shop merupakan merupakan bentuk usaha bisnis yang menjual berbagai produk bekas dari dalam maupun luar negeri, yang masih memiliki kondisi baik dan layak digunakan. Produk yang diperjualbelikan di thrift shop dapat berupa baju, celana, tas, sepatu, topi, aksesoris, dan berbagai produk bekas lainnya. Produk pakaian yang dapat dibeli untuk memulai bisnis usaha ini biasanya dijual secara karungan. Satu karung pakaian kurang lebih memiliki harga sekitar 1 juta rupiah. Di dalam satu karung pakaian tersebut biasanya berisi 50-100 pakaian acak. Seluruh pakaian tersebut tidak selalu memiliki kondisi yang sempurna. Terkadang terdapat pakaian dengan kondisi cacat, seperti robek atau memiliki kancing yang lepas. Produk yang cacat tersebut dapat kamu perbaiki terlebih dahulu sebelum dijual. Kamu juga perlu mencuci seluruh pakaian yang ingin kamu jual terlebih dahulu untuk memastikan kebersihannya. Jika perlu, kamu dapat merendam terlebih dahulu pakaian tersebut dengan air yang panas untuk menghilangkan bakteri atau kuman yang mungkin ada di dalamnya sehingga pelanggan kamu akan menjadi lebih aman.

 

2. Warung Kopi (Kedai Kopi)

Warung kopi atau kedai kopi menjadi bisnis yang cukup ramai dilakukan beberapa tahun ini. Hal tersebut terjadi seiring dengan semakin banyaknya anak muda suka nongkrong di berbagai tempat dan menjadikan warung kopi atau kedai kopi sebagai salah satu tempat nongkrong tersebut. Bisnis warung kopi dapat menjadi bidang usaha yang menyenangkan bagi kamu yang juga suka nongkrong.

 

Bisnis ini dapat dilakukan dengan anggaran biaya dan tenaga yang cukup terbatas. kamu dapat membuka bisnis warung kopi atau kedai kopi kecil-kecilan dengan menyediakan fasilitas wifi gratis, tempat yang nyaman, serta menu makanan dan minuman yang enak dan dengan harga terjangkau. Bisnis ini dapat menghasilkan untung yang cukup menggiurkan dan menjadi sangat cocok untuk dicoba oleh anak muda. Warung kopi juga dapat menjadi usaha sampingan yang dibuka pada sore dan malam hari, saat waktu pagi atau siang hari digunakan untuk melakukan pekerjaan lainnya.

 

3. Menjadi Reseller atau Dropshipper

Pada umumnya, untuk memulai bisnis usaha seseorang harus memiliki modal untuk membuat atau membeli produk, tetapi hal tersebut tidak berlaku pada bisnis reseller dan dropshipper produk online. Seseorang yang sama sekali tidak memiliki modal dapat melakukan bisnis ini karena pada prinsipnya, bisnis ini dilakukan dengan menjualkan atau memasarkan produk orang lain. Yang terpenting dalam menjalankan kedua bisnis ini adalah memiliki jaringan internet, alat komunikasi, serta media sosial atau platform untuk memasarkan produk. Namun, terdapat perbedaan antara kedua bisnis ini. Pada sistem reseller, seseorang memasarkan dan menjual suatu produk dengan tetap menggunakan nama toko atau perusahaan produk tersebut. Sementara itu, dropshipper dapat memasarkan dan menjual produk dari toko atau orang lain dengan menggunakan nama tokonya sendiri. Pembeli yang membeli dari dropshipper kemungkinan tidak tahu siapa penjual awal atau asli dari produk tersebut. Reseller akan dianggap sebagai seorang agen oleh pembeli, sedangkan dropshipper akan dianggap sebagai pemilik toko oleh pembeli.

4. Bisnis Aksesoris

Sebagian besar wanita sangat suka menggunakan aksesoris untuk mendukung penampilannya. Karena itu, bisnis aksesoris dapat menjadi peluang bisnis yang cukup menguntungkan bagi anak muda. Modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar, tetapi dibutuhkan adanya kreativitas dan kesabaran untuk membuat aksesoris ini. Aksesoris dapat dibuat dari manik-manik, rajut, rantai, dan mutiara. Beberapa jenis aksesoris yang dapat dibuat sebagai peluang usaha, yaitu tali masker, gelang, cincin, kalung, bandana, syal, dan lainnya. Aksesoris ini dapat dipasarkan dan dijual secara online, melalui media sosial maupun aplikasi jual beli.