Cara Mudah Mengelola Manajemen Cash Flow Secara Baik dan Benar

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 setiap perusahaan berpotensi mengalami cash flow gap, yang artinya perusahaan kekurangan cadangan kas pada waktu kas harus keluar. Misalnya saja ketika tagihan datang namun pelanggan belum waktunya melakukan pembayaran. Kegiatan operasional bisa terhambat jika ini tidak diperhitungkan sebelumnya.

 

Jika ini dibiarkan secara terus menerus, maka beberapa akibat fatal bisa mengintai bisnis Anda. Gaji karyawan tak terbayar, bahan baku perusahaan tak terbeli, sewa toko bahkan bisa jadi tak terbayar. 

 

Strategi perencanaan arus kas sebenarnya tak jauh berbeda dengan bisnis lain. Dalam menerapkan strategi perencanaan arus kas sendiri Anda harus memperhatikan tiga hal, yaitu:

 

1)      Prioritas

Jangan sampai kas Anda dipakai untuk sesuatu yang justru tidak penting. Pikirkan urgensi dan utilitas pengeluaran. Misalnya: tabungan, cicilan hutang, premi asuransi dan biaya hidup.

 

2)      Pengendalian

Ini adalah bagian yang cukup sulit karena pengusaha seringkali kesulitan membedakan kebutuhan dan keinginan. Pengendalian dapat pula dikatakan dengan penghematan. Namun jangan sampai pula pengendalian justru menggerogoti usaha Anda sendiri. Misalnya saja melakukan penghematan dengan memangkas gaji karyawan sehingga kesejahteraan mereka berkurang.

 

Pengendalian bisa dilakukan dengan cara pemangkasan sesuatu yang tak diperlukan. Misalnya saja berlangganan televisi kabel atau WiFi. Anda juga perlu melakukan substitusi, yang artinya mengganti sesuatu yang fungsinya sama dengan harga yang lebih murah. Yang terakhir adalah mengurangi frekuensi. Misalnya saja mengurangi makan-makan bersama karyawan yang awalnya seminggu sekali menjadi dua minggu sekali.

 

3)      Alat Pembayaran

Alat pembayaran lebih baik menggunakan uang tunai untuk mengurangi kewajiban membayar hutang melalui kartui kredit atau alat hutang lainnya.

 

Nah, setelah tiga hal tersebut sudah Anda pahami, maka arus kas Anda harus memenuhi beberapa kriteria. Kriteria ini tentu harus bisa dipenuhi guna berjalannya usaha dengan baik.

Start writing here...