Hal Apa Saja Yang Harus Disiapkan Sebelum Membuat Laporan Keuangan

.

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Salah satu bentuk pertanggungjawaban perusahaan kepada stakeholder yaitu berupa laporan keuangan. Baik untuk perusahaan dalam skala besar maupun dalam skala kecil, laporan keuangan merupakan kewajiban yang harus dibuat pada setiap periode. Jika diibaratkan, laporan keuangan merupakan jantung dari sebuah perusahaan.

 

Sebagai pengusaha, Anda wajib bisa membaca laporan keuangan, karena laporan keuangan akan sangat membantu Anda dalam mengetahui kondisi keuangan perusahaan dan menilai kinerja perusahaan dalam tahun berjalan sehingga Anda dapat mengambil keputusan dengan benar untuk operasional perusahaan selanjutnya. Berikut kita akan membahas hal apa saja yang harus disiapkan sebelum membuat laporan keuangan:

 

1.       Pastikan Membuat Laporan Keuangan perusahaan dan pribadi telah terpisah

Sebelum membuat laporan, pastikan bahwa bisnis Anda telah memiliki pembukuan dan akun bank sendiri. Data-data yang berantakan dan tergabung hanya akan mempersulit pembuatan rancangan keuangan.

 

Jika nota belanja supermarket Anda dengan nota pembayaran supplier menyatu dalam rancangan, maka dana perusahaan akan membengkak dan keuangan perusahaan akan kacau. Karena itu, periksalah terlebih dahulu data-data tersebut untuk meningkatkan keterpercayaan dan keakuratan data.

 

2.       Kelengkapan bukti transaksi

Pastikan setiap transaksi bisnis memiliki bukti seperti faktur atau bon agar dapat mempertanggungjawabkan keabsahannya, baik dari transaksi kecil seperti pembelian pel atau sapu untuk keperluan kantor hingga pembelian bensin untuk kebutuhan logistik perusahaan.

 

Transaksi yang melakukan tanpa bukti menganggap tidak sah dan tidak boleh memasukkan dalam rancangan. Jika tetap tertera dalam rancangan, maka Anda harus menjelaskan dan mempertanggungjawabkan transaksi tersebut.

 

Ingat untuk mengumpulkan bukti dari transaksi awal hingga transaksi terbaru untuk memperlengkapi rancangan. Periksa setiap tanggal transaksi untuk mendapatkan informasi akurat aktifitas finansial perusahaan.

 

3.       Mata uang yang digunakan

Tentukan mata uang yang menggunakan dalam transaksi untuk memasukkan dalam laporan keuangan. Pastikan bahwa mata uang tersebut memang selalu menggunakan dalam setiap transaksi bisnis.

 

Tujuannya agar laporan keuangan lebih konsisten dan mudah mengerti. Misalnya, jika hampir seluruh transaksi Anda menggunakan rupiah, maka sebaiknya seluruh rancangan keuangan membuat menggunakan mata uang rupiah agar lebih mudah menghitung dan mengerti.

 

4.       Kelengkapan membuat laporan keuangan

Hal terakhir dan paling penting yang harus memperhatikan adalah kelengkapan komponen laporan. Pada dasarnya setiap rancangan keuangan harus terdiri dari rancangan neraca, rancangan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan.

 

Saat ini, banyak layanan akuntansi online dengan fitur canggih yang memudahkan Anda untuk membuat rancangan lengkap yang akurat. Salah satunya adalah jurnal.id, software akuntansi berbasis cloud yang memproses data finansial Anda menjadi rancangan keuangan yang terjamin kelengkapan dan kredibilitasnya.

 

Ingatlah untuk membandingkan kumpulan rancangan tersebut dengan rancangan tahun lalu untuk memperlengkapi data-data yang sudah ada. Dari situ Anda akan mengetahui perusahaan mengalami kenaikan atau penurunan dari bulan atau tahun sebelumnya.

 

Sekarang Anda telah mengetahui hal-hal yan perlu diperhatikan sebelum membuat rancangan keuangan. Karena itu, persiapkanlah laporan keuangan Anda dengan bijak demi membangun rencana bisnis yang matang dan berkualitas.