Hambatan Dalam Memproses Payroll dan Bagaimana Cara Mengatasinya

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Manajemen payroll adalah proses yang rumit maka tidak jarang perusahaan menyerahkan urusan proses penggajian dan pembuatan laporannya di perusahaan akuntansi atau perusahaan lain yang khusus mengurusi soal payroll.

 

Penting bagi setiap perusahaan untuk memiliki manajemen payroll yang efisien dan akurat agar tidak menimbulkan kesalahpahaman karena kaitannya dengan hak karyawan yang bekerja di perusahaan.

 

Berikut adalah beberapa isu yang sering terjadi soal payroll dan bagaimana cara mengatasinya.

 

1.       Memperhitungkan Absen Karyawan

Pentingnya memiliki sistem absensi yang akurat dan aman menjadikan perhitungan jumlah absen karyawan yang tidak masuk kerja jadi jauh lebih mudah dibandingkan dengan sistem yang masih bekerja secara manual.

 

Sistem absen sidik jari misalnya, hanya karyawan yang bersangkutan yang bisa mengisi daftar hadir menggunakan mesin, dan jika pada hari tersebut karyawan tidak memiliki catatan kehadiran maka dianggap tidak masuk kerja dan akan langsung masuk ke sistem laporan yang bisa diunduh oleh manajemen SDM untuk menentukan jatah payroll.

 

2.       Salah Menempatkan Investasi

Payroll adalah proses yang membutuhkan banyak pekerjaan administrasi yang tidak mudah, makanya banyak perusahaan yang memilih untuk menambah tenaga kerja untuk mengerjakan dokumen-dokumen administrasi agar proses payroll tidak mengalami keterlambatan.

 

Berinvestasi menggunakan perangkat lunak yang bisa mengurangi beban kerja karyawan bagian payroll lebih efisien dibandingkan merekrut karyawan baru untuk bekerja dengan cara yang kuno dan tidak menyelesaikan masalah manajemen penggajian yang sebenarnya.

 

3.       Memperhitungkan Pajak

Pajak penghasilan wajib dibayarkan oleh setiap karyawan sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

 

Tugas dari manajemen payroll adalah memastikan setiap pendapatan karyawan dipotong dengan pajak dan menghindarkan perusahaan dari isu-isu legalitas ketika ada audit keuangan yang dilakukan terhadap perusahaan.

 

Aturan mengenai pajak pun bisa berubah sesuai kebijakan pemerintah. Ada baiknya bagi perusahaan untuk menggunakan sarana yang disediakan perusahaan lain untuk membantu memastikan perusahaan membayarkan pajak karyawannya dengan disiplin dan sesuai dengan ketentuan

 

4.       Kesalahan Dalam Pemberian Gaji

Untuk mengurangi kesalahan dalam pemberian gaji akibat human error maka sebaiknya pemberian gaji dilakukan secara elektronik melalui bank yang ditunjuk untuk mendistribusikan payroll dari perusahaan ke karyawan.

 

Apabila karyawan belum memiliki akun rekening di bank tersebut maka disarankan untuk membuat rekening baru di bank yang bekerja sama dengan perusahaan untuk distribusi payroll.

 

Salah satu kriteria penting jika perusahaan sedang mencari perangkat lunak yang bisa memudahkan distribusi payroll adalah perangkat lunak tersebut harus terintegrasi dengan bank distribusi gaji sehingga distribusi bisa dilakukan melalui perangkat lunak tersebut.

 

Dengan demikian segala macam laporan keuangan payroll pun bisa dikumpulkan hanya dengan menggunakan satu platform.