Laporan Keuangan Tetap terkontrol walaupun dirumah ajah

Work from home menjadi salah satu solusi mencegah percepatan penularan penyakit Covid-19, sekaligus tetap bisa menjalankan bisnis. Cara kerja dengan model ini sebenarnya tidak sulit dilakukan, bahkan sangat membantu untuk memberikan keseimbangan kehidupan kerja kepada karyawan, sambil menjaga perusahaan tetap produktif.

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

Untuk anda yang saat ini sedang berpikir untuk mengotomatiskan pengelolaan keuangan dalam bisnis Anda, ini adalah artikel yang tepat untuk Anda. Dalam menggunakan perangkat lunak akuntansi.

Software akuntansi saat ini telah menjadi kebutuhan vital bagi setiap bisnis. Pemilik bisnis mulai menyadari bahwa mengelola finansial secara manual tidak membantu mereka mencapai efisiensi yang diharapkan. Manajemen keuangan yang semestinya mampu membantu perusahaan mengelola anggaran secara lebih efisien malah menjadi salah satu faktor penyebab kerugian.

Apa itu Manajemen Keuangan?

Sebelum mempelajari tentang kegunaan sistem akuntansi bagi bisnis, Anda perlu terlebih dahulu memahami apa itu manajemen keuangan. Manajemen keuangan mengacu pada perencanaan strategis, pengelolaan, pengarahan, dan pengendalian proses keuangan dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Tujuan dari manajemen keuangan sendiri adalah untuk mengoptimalkan keuntungan, memastikan kelangsungan hidup bisnis, mempertahankan arus kas yang tepat, meminimalkan biaya modal, dan mengoptimalkan pangsa pasar. Tanpa manajemen keuangan yang baik, bisnis akan kesulitan mencapai objektifnya dan mengalami banyak kerugian yang berujung pada kebangkrutan.

Profesional akuntansi menganggap sistem akuntansi sebagai aset perusahaan yang mampu meningkatkan efisiensi departemen keuangan secara signifikan. Di luar itu, beberapa manfaat penting lain yang dapat diberikan oleh perangkat lunak ini kepada bisnis Anda adalah pada saat situasi WFH saat ini, Beberapa kami rangkum  manfaat Accounting pada saat situasi WFH:

 

1)      Memastikan Financial Control yang Baik

Software akuntansi memungkinkan pemilik bisnis mengontrol keuangannya secara otomatis, sekalipun pemilik bisnis bukan orang yang ahli dalam akuntansi. Dengan sedikit pelatihan, pemilik bisnis dapat mengelola semua operasional akuntansinya menggunakan komputer atau perangkat selulernya tanpa harus membayar pihak eksternal untuk mengontrol anggarannya.

 

2)      Menghemat Biaya Perusahaan

Aplikasi keuangan mengotomatiskan penghitungan pokok dan prosedur administrasi serta mengatur susunan anggaran Anda, sehingga Anda tidak perlu melakukan outsourcing manajemen keuangan kepada pihak eksternal. Perangkat lunak ini juga dapat mengurangi biaya yang berkaitan dengan pencetakan dan pemberian dokumentasi, sebab seluruh data disimpan secara digital di lokasi yang aman dan terpantau.

 

 

3)      Meningkatkan Akurasi Data

Menurut akuntan atau auditor, salah satu manfaat penting dari aplikasi keuangan yang baik adalah sistem ini dapat meminimalkan human error yang biasa terjadi saat penghitungan dan entri data. Ketidakakuratan dalam laporan keuangan dapat menyebabkan krisis yang berdampak pada keberlangsungan bisnis, dan sistem akuntansi dapat mencegah hal ini terjadi.

 

4)      Mempermudah Pengambilan Keputusan

Ini merupakan salah satu keunggulan utama dari sistem akuntansi yang canggih. Tanpa perangkat lunak ini, Anda akan kesulitan memahami secara rinci kondisi keuangan Anda. Sistem ini memberikan Anda angka yang dapat membantu Anda memahami di mana harus memotong pengeluaran atau di mana harus berinvestasi lebih banyak.

 

5)      Meningkatkan Keamanan Data Keuangan

Data keuangan adalah informasi perusahaan yang bersifat konfidensial dan harus dijaga agar tidak jatuh ke tangan yang salah atau hilang. Sistem akuntansi memastikan data keuangan Anda tetap aman dengan menyimpannya dalam sebuah sistem terpusat yang terlindungi oleh firewall. Hanya mereka yang diberikan hak akses yang dapat melihatnya.

 

6)      Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Membuat laporan keuangan dan merapikan pembukuan adalah pekerjaan yang sangat memakan waktu. Untuk melakukan pekerjaan ini secara manual, karyawan Anda mungkin harus mengorbankan pekerjaan penting lainnya. Belum lagi jika mereka harus memperbaiki error yang sering terjadi ketika tugas-tugas akuntansi dilakukan secara manual. Namun, dengan accounting software, semua tugas keuangan dapat dikerjakan secara otomatis sehingga karyawan Anda dapat melakukan pekerjaan lain yang bernilai untuk bisnis Anda.

 

7)      Pembuatan Laporan Keuangan

Sistem akuntansi memungkinkan Anda untuk menghasilkan laporan keuangan (laba rugi, neraca, perubahan modal, arus kas, dan sebagainya) secara digital. Anda pun dapat membuatnya dalam beberapa versi; tabel, diagram grafik, garis, dan lingkaran.

 

Sistem akuntansi adalah perangkat lunak yang memudahkan pemilik bisnis dalam mengelola berbagai proses yang berkaitan dengan keuangan, menyelesaikan tugas-tugas finansial dengan benar dan cepat. Sistem ini tidak menggantikan peran manajer akuntansi dalam mengelola keuangan organisasi, tetapi justru memudahkan pekerjaan mereka sehingga mereka dapat bekerja dengan lebih produktif.

Tanpa bantuan sistem akuntansi, pemilik bisnis atau manajer akuntansi bisa menghabiskan  terlalu banyak waktu dalam membuat laporan keuangan, membuat berbagai dokumen, atau merekonsiliasi akun dan laporan bank. Perangkat lunak ini membantu mereka mendapatkan visibilitas lengkap mengenai kondisi keuangan mereka, sehingga keputusan dapat dibuat dengan lebih bijaksana.