Pentingnya Manajemen Inventory atau Persediaan pada Bisnis

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Dengan pengelolaan persediaan maka perusahaan dapat memperoleh keuntungan dari pengembangan usaha yang dijalani. Persediaan barang di suatu perusahaan biasanya berupa, bahan mentah, bahan setengah jadi, bahan penolong, atau bahan pembantu.

 

Inventory atau persediaan merupakan nilai yang cukup besar dalam segi biaya operasional suatu perusahaan. Dalam pengelolaan inventory memang susah susah gampang, tergantung jenis perusahaannya.

 

Sistem inventory biasanya meliputi pencatatan produk, harga produk yang akan dijual, harga produk yang diterima kembali atau retur barang, harga pokok persediaan, dibeli, pencatatan permintaan dan pengeluaran barang gudang, dan sistem stock opname barang atau perhitungan fisik persediaan.  Berikut Beberapa manfaat memiliki sistem persediaan barang antara lain:

 

1.       Menghindari Kekurangan Bahan

Memudahkan dalam memantau stok saat ini serta mengantisipasi adanya pelanggan/customers yang datang membeli barang dagangan, kemudian perusahaan tidak mempunyai barang tersebut. Untuk menghindari situasi tersebut, perusahaan harus memilikii persediaan barang jadi.

 

2.       Meningkatkan Pelayanan

Rata-rata pelanggan tidak hanya menginginkan tingkat layanan yang cepat, tetapi juga tepat. Oleh karena itu, pengintegrasian terhadap penjualan dapat meningkatkan kecepatan pengepakan dan pengiriman. Selain itu, juga memungkinkan otomatisasi untuk memenuhi instruksi dalam pengontrolan persediaan,

 

Caranya adalah melakukan idetifikasi daerah distribusi yang dibagi antara beberapa pelanggan atau grup. Sehingga memudahkan dalam penyortir dari staging area dan pergerakan stok barang dagang.

 

Hal tersebut menjamin produk yang benar berada di tempat yang benar pada waktu yang tepat. Serta dapat juga memudahkan perusahaan mengelola vendor.

 

3.       Mengontrol Persediaan yang Lebih Baik

Dalam pendistribusi dan penyimpanan barang-barang secara menyeluruh, flexibelitas dapat memungkinkan perusahaan untuk memantau dan mengontrol persediaan sesuai dengan bisnis mereka.

 

Selain itu, juga memberikan kemudahan mengakses terhadap data-data yang meliputi ketersediaan peresediaan barang dan jumlah yang harus diorder lagi melalui vendor.

 

Tidak hanya itu saja, dengan sistem inventory dapat membantu Anda melihat jumlah stok yang ada dan mengetahui biaya pada saat itu juga terhadap persediaan untuk direspons secara cepat dalam rangka pengambilan keputusan.

 

Dengan sistem ini, dapat memungkinkan untuk mengelolah beberapa lokasi yang berbeda-beda dan memungkinkan manajemen dari gudang-gudang yang berbeda-beda, serta penelusuran persediaan melalui lot, secara seri, atau menggunakan level.

 

4.       Meminimalisir Biaya

Mencegah adanya kesalahan dalam pencatatan yang menyakut SDM kayawan, serta mengurangi dalam jangka waktu pesanan ke pelanggan dan pengiriman produk ke pelanggan selama proses prodksi yang berlangsung. Hal tersebut mempermudah manajemen saldo.