Strategi Menggunakan Facebook sebagai Media Digital Marketing Bisnis

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Facebook masih bertahan menjadi media sosial yang paling banyak digunakan oleh penduduk dunia. Facebook sendiri memiliki beragam fitur menarik yang bisa diandalkan oleh penggunanya, terutama para pebisnis.

 

Satu di antara banyaknya fitur Facebook yang menguntungkan adalah adanya fitur iklan dan lapak jualan.

 

Bagi pengusaha, entah pemilik usaha kecil menengah atau pemilik perusahaan besar, melakukan branding di Facebook adalah hal yang menguntungkan bagi penjualan produk mereka.

 

Namun, tentu ada strategi dan tips yang perlu diperhatikan saat memasarkan atau melakukan praktik digital marketing di Facebook, berikut di antaranya:

 

1.       Maksimalkan Halaman Bisnis Facebook

Halaman Facebook adalah alat pemasaran gratis yang dibangun khusus untuk para pebisnis. Anda bisa memanfaatkan halaman Facebook untuk mengembangkan identitas merek.

 

Melalui halaman Facebook ini, Anda bisa mengunggah artikel, gambar, tautan, dan video untuk dilihat oleh para pengguna Facebook.

 

2.       Iklan Facebook

Facebook menawarkan fitur iklan sendiri di platform mereka. Iklan ini biasanya akan muncul di kolom samping situs Facebook.

 

Melakukan iklan Facebook ke dalam strategi pemasaran Facebook Anda adalah salah satu teknik yang bisa mendorong pengguna Facebook untuk masuk ke website Anda.

 

Perlu diketahui, Facebook memiliki penargetan demografis dalam fitur iklan seperti target berdasarkan usia, lokasi, pendidikan, dan minat. Biaya iklan juga akan berbeda-beda tergantung berapa banyak target akun Facebook-nya.

 

3.       Hosting Kontes Facebook

Anda bisa memanfaatkan fitur kontes, undian, atau promosi Facebook untuk meningkatkan brand awareness pengguna media sosial, sehingga banyak pengguna Facebook yang akan mengetahui keberadaan produk Anda.

 

Perlu diperhatikan bahwa fitur ini hanya bisa dilakukan jika memiliki aplikasi pihak ketiga.

 

4.       Postingan yang Dipromosikan Facebook

Untuk menjalankan strategi marketing ini, bisa dilakukan dengan mengeluarkan biaya tertentu yang telah dipatok oleh Facebook.

 

Postingan berbayar ini akan membuat akun Anda terlihat di beranda pengguna Facebook orang lain dalam jangkauan lebih luas.

 

5.       Cerita Bersponsor

Merupakan jenis iklan Facebook yang menampilkan interaksi pengguna, seperti suka Facebook, kepada teman pengguna.

 

Cerita bersponsor berupaya memanfaatkan konsep pemasaran dari mulut ke mulut. Karena pada dasarnya, jika teman-teman Facebook Anda menyukai sebuah halaman, maka Anda akan tertarik untuk ikut menyukai halaman tersebut.

 

6.       Grafik Terbuka Facebook

Miliaran interaksi diposting dengan Facebook Open Graph setiap hari.

 

Spotify adalah contoh yang bagus tentang bagaimana Facebook Open Graph menjadi alat pemasaran Facebook.

 

7.       Facebook Exchange (FBX)

Facebook exchange memungkinkan pengiklan memanfaatkan penargetan ulang iklan di Facebook melalui penawaran real time.

 

Melalui fitur ini, Anda dapat menargetkan audiens berdasarkan data riwayat web, sehingga iklan produk Anda bisa muncul di beranda para pengguna yang sebelumnya melihat-lihat produk Anda di browser pribadi mereka.