Tips Cara Membaca Keuangan untuk Kesuksesan Bisnis

 Membaca Laporan keuangan sekaligus memahaminya Menjadi kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang akuntan, Lewat kemampuan tersebut seorang pemimpin perusahaan bisa mengetahui kondisi bahwa Bisnisnya berjalan dengan Lancar. Hanya saja, tak semua pemilik usaha memiliki kemampuan membaca dan memahami Laporan Keuangan. Apalagi, bagi seorang penguusaha pemula yang sebelumnya tak pernah berkecipung dalam dunia akuntansi.

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Namun, kesulitan dalam membaca Laporan keuangan perusahaan kini bukan lagi hambatan bagi seorang pengusaha pemula. Kehadiran Aplikasi software Akuntansi memberikan kemudahan bagi seorang pengusaha dalam membaca sekaligus memahami laporan keuangan. Dengan software Tersebut anda dapat mengetahui kondisi keuangan Bisnis anda secara detail dan akurat.

Banyak orang berpikir bahwa membaca laporan keuangan perusahaan itu sulit dan membingungkan. Pasalnya, dalam satu laporan terdapat begitu banyak tabel dan angka. Ternyata, setiap tabel itu menunjukkan data yang bermacam-macam loh! Ada yang berupa laba-rugi, arus kas, perubahan modal, neraca, dan catatan atas laporan keuangan.

Berikut kali akan kami bahas Tips Cara membaca Laporan keuangan yang Baik dan Benar untuk kesuksesan Bisnis anda:

1)      Laporan laba rugi (Income Statement)

Laporan ini berfungsi untuk menunjukkan apakah bisnis berada di posisi laba atau rugi. Laporan laba rugi terbagi menjadi dua, yakni pendapatan dan beban, yang masing-masing terdiri dari operasional dan non-operasional.

Komponen yang ada di dalamnya adalah pendapatan, laba rugi usaha, beban pinjaman, beban pajak, laba atau rugi perusahaan, pos luar biasa, dan hak minoritas.

Nah, pada bagian ini kita perlu mencermati, apakah perusahaan untung atau rugi dan seberapa besar pendapatan yang kita dapatkan. Bandingkan pendapatan dan harga pokok penjualan (HPP). Setelah itu, bandingkan juga data pendapatan dan beban dengan laporan tahun sebelumnya.

2)      Laporan arus kas (cash flow)

Laporan arus kas menunjukkan aliran masuk keluarnya dana perusahaan. Jenis ini dapat membantu kita memproyeksikan arus kas di masa depan dengan laporan terkini.

Komponen dalam laporan arus kas di antaranya kas operasional, kas dari investasi, dan kas dari pendanaan. Kas investasi adalah keluar-masuknya dana yang berkaitan dengan investasi perusahaan, lalu kas dari pendanaan adalah penerimaan modal untuk perusahaan.

Laporan ini berguna bila pemegang saham bertanya-tanya, mengapa perusahaan tidak membagikan dividen, padahal ekuitasnya tinggi. Bisa jadi karena arus kas sedang kosong atau tidak memiliki persediaan kas yang cukup.

 

 

3)      Laporan perubahan modal

Laporan perubahan modal menunjukkan data mengenai jumlah modal yang dimiliki perusahaan. Kita bisa memahami maju mundurnya suatu perusahaan dari seberapa besar penambahan modalnya. Komponen laporan ini terdiri dari modal awal perusahaan, jumlah laba bersih, dan penambahan modal.

4)      Laporan neraca (balance sheet)

Melalui laporan neraca, kita bisa mengetahui kondisi, informasi, dan posisi keuangan perusahaan pada waktu yang ditentukan. Tiga unsur laporan ini adalah aset, liabilitas (beban), dan ekuitas (modal), di mana aset merupakan liabilitas ditambah ekuitas.

Laporan ini menunjukkan apakah perusahaan sedang baik-baik saja melalui data jumlah kekayaan perusahaan, yakni jumlah kas, bank, piutang, dan lain-lain. Perusahaan bisa dinilai berjalan lancar jika kasnya cukup untuk memenuhi kebutuhan operasional.

5)      Catatan atas laporan keuangan

Catatan atas laporan keuangan adalah informasi tambahan yang dilampirkan pada bagian terakhir laporan keuangan perusahaan yang berfungsi melengkapi data nominal. Tujuannya dari adanya bagian ini agar pembaca bisa menilai keuangan perusahaan secara lebih komprehensif.

Selain itu, catatan atas laporan keuangan membantu banyak pihak memahami isi laporan, tidak hanya manajemen perusahaan sehingga meminimalkan kesalahpahaman. Oleh sebab itu, laporan ini harus bisa menjawab perkembangan posisi dan keadaan fiskal perusahaan, juga bagaimana hal itu dicapai.

 

Leukeun software akuntansi online, akan memudahkan Anda untuk memiliki semua jenis laporan keuangan yang dibutuhkan. Dengan menggunakan Leukeun,anda dapat miliki sistem akuntansi tepercaya yang aman dan nyaman tanpa memerlukan instalasi dan bisa digunakan kapan saja dan di mana saja secara realtime. Untuk informasi selengkapnya tentang Leukeun, bisa Anda dapatkan di WWW.Leukeun.com